Kamis, 27 Februari 2014

Cara Mudah Memperbaiki USB Flashdisk yang Rusak

Gambar USB Flashdisk.

USB Flashdisk belakangan menjadi alat bantu yang cukup penting dalam sarana menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Terutama dalam hal media penyimpanan data, agar data tersebut dapat dipindahkan antar komputer.

Nah, mengingat cukup pentingnya hal tersebut, maka tidak ada salahnya Kita lebih perhatian terhadap barang yang satu ini, baik itu pada saat perawatannya dan juga pada saat terjadi suatu masalah pada USB Flashdisk tersebut.

Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut Saya jelaskan secara detail kemungkinan apa saja yang terjadi pada saat sebuah USB Flashdisk mengalami masalah:
Kemungkinan pertama adalah bukan USB Flashdisk nya yang bermasalah, melainkan Operating system Windows di komputernya yang bermasalah.
Mudah saja untuk menganalisanya, yakni dengan mencoba membuka USB Flashdisk tersebut di komputer lain yang sehat, jikalau kena, maka windows komputer nya yang bermasalah. Maka cara memperbaiki nya yaitu dengan jalan memperbaiki windows tersebut, baik secara spesifik dengan menggunakan software repair maupun dengan jalan paling mujarab yaitu dengan memformat windows tersebut, dijamin berhasil.

Kemungkinan kedua adalah bukan Operating system Windows di komputernya yang bermasalah, melainkan USB Flashdisk nya yang bermasalah.
Mudah saja untuk menganalisanya, yakni dengan mencoba membuka USB Flashdisk tersebut di komputer lain yang sehat, jikalau tidak kena, maka dapat dipastikan USB Flashdisk tersebut yang bermasalah. Maka cara memperbaiki nya yaitu dengan jalan memperbaiki USB Flashdisk tersebut, ada dua cara yang bisa dicoba:

1. Dengan menggunakan "run".
Pertama-tama masukkan USB Flashdisk yang bermasalah ke komputer, lalu pada icon start klik run (ketik: compmgmt.msc). Selanjutnya pilihlah tab storage yang ada ditengah, lalu pilihlah disk management. Pilih USB Flashdisk Anda yang telah terdeteksi, lalu klik kanan padanya, lalu pilih create partition. Ulangi klik kanan lagi, lalu pilih format, Done!

2. Dengan menggunakan "software".
Software yang Saya maksud disini adalah “Hard Disk Low Level Format Tool 2.36”. Dengan software ini, Anda dapat dengan mudah melakukan proses perbaikan dan format ulang USB Flashdisk Anda.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

8 komentar:

  1. Itu khan baru opsi pertama yaitu PC bermasalah.... tetapi opsi kedua adalah yang ditunggu pembacanya karena menyangkut judul thread ini yaitu bila Flashdisk nya yang rusak gimana bila tidak terdeteksi PC...??

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas komentar dari Saudara Buing Soedardji. Pada opsi kedua telah dijelaskan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut, maka download lah software untuk PC yang telah disediakan link nya. Lalu install, berikutnya gunakan sebagai alat bantu memperbaiki flashdisk Anda.

    BalasHapus
  3. ngga bisaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara alvin. Password file rar nya adalah: www.solution-solusinya.blogspot.com atau www.solusibaik.blogspot.com.

      Hapus
  5. maaf untuk usb flashdisk yang sudah mati atau tidak terdeteksi oleh komputer apakah masih bisa direpair? saya sudah coba download software yang tadi disarankan namun tetap tidak terdeteksi usb flashdisknya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Tony. Dengan kasus Anda dimana USB Flashdisk sudah tidak dapat terdeteksi lagi oleh komputer, maka secara otomatis, software yang ada tidak diatas tidak dapat membantu untuk memperbaikinya, karena kerusakan telah terjadi pada hardware bukan software nya.

      Hapus