Minggu, 19 Januari 2014

25 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki di Tahun 2014

Gambar macam aplikasi android.

Apakah Anda Seorang pemula maupun yang telah berpangalaman, dimana dilanda rasa kebingungan di dalam menentukan aplikasi apa saja yang harus ada di smartphone Android untuk pertama kalinya yang baru saja Anda beli?

Berikut dibawah ini, langsung saja akan Saya bahas secara singkat dan padat satu per satu, baik aplikasi yang berbayar maupun yang gratis:
1. 360 Mobile Security "Qihu 360 Software Co., LTD(QIHU)" - gratis
Download langsung lewat Google Play. Antivirus yang satu ini wajib Anda install pertama kali agar proses download aplikasi berikutnya aman dari serangan virus, malware, adware, trojan, dll. Dengan cara kerja sistem terbaru yakni dual engine (dibantu dengan cloud system), dapat dipastikan smartphone Anda akan aman sepanjang waktu, karena tiap kali Anda install aplikasi baru, akan di scan, juga setelah terinstall, aplikasi yang ada akan terus dipantau.

Artikel terkait:
2. App Backup and Restore “infolife LLC” - gratis
Download file .apk nya langsung disini (Password: www.solution-solusinya.blogspot.com). Aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk membackup semua aplikasi yang telah ter-install di smartphone Anda, sehingga Anda dapat install dan uninstall aplikasi sesuka Anda tanpa harus melakukan proses download ulang.

3. Authenticator “Google” - gratis
Download file .apk nya langsung disini (Password: www.solution-solusinya.blogspot.com). Aplikasi ini dibuat untuk memberikan perlindungan ganda bagi Anda, dimana pertama kali Anda akan diminta untuk “Log In” ke Google dengan "device" yang baru, maka Anda akan diminta untuk memasukkan Verification Number (yang didapat dari Authenticator). Jadi dapat dipastikan, bahwa orang lain yang akan meng-hack account Anda dari "device" lain akan sangat kesulitan. Yang perlu diperhatikan, Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan 2-step verification pada account Google Anda. Untuk lebih jelasnya tentang 2-step verification, klik disini.

Artikel terkait:

4. Barcode Scanner + Simple "Sean Owen (of ZXing Team)" - berbayar
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi ini berguna sebagai pemindai untuk sebuah kode barang yang berbentuk garis-garis lurus maupun kotak-kotak.

5. Battery Guru "Qualcom" - gratis
Download file .apk nya langsung disini (Password: www.solution-solusinya.blogspot.com). Aplikasi yang satu ini khusus diperuntukkan pemilik prosesor keluaran Qualcom, dimana berguna sebagai pembantu untuk menhemat baterai Android Anda. Untuk lebih jelasnya apa itu Battery Guru, klik disini.

Artikel terkait:

6. BBM "BlackBerry Limited"- gratis
Download langsung lewat Google Play. BlackBerry Massanger adalah salah satu aplikasi popular yang tidak perlu dijelaskan lagi.

Artikel terkait:
7. Business Calendar “Appgenix Software” – gratis
Download langsung lewat Google Play. Kalender original Android tampilannya sangat sederhana dan kurang menarik. Maka aplikasi pihak ketiga ini dapat dipilih untuk menyempurnakannya.

8. Chrome “Google” – gratis
Download langsung lewat Google Play. Browser terbaik untuk mendownload, serta memberikan pengalaman internet berkualitas, dan terakhir menyertakan pilihan kompres data (sehingga paket data lebih hemat).

Artikel terkait;


9. Clean Master - gratis
Download file .apk nya langsung disini (Password: www.solution-solusinya.blogspot.com). Aplikasi pembersih file yang satu ini sungguh lengkap dan gratis lagi. Dengan pilihan pembersihan secara biasa atau secara menyeluruh, dapat dikatakan inilah aplikasi yang sangat membantu Anda jauh lebih mudah dalam menemukan folder dan file apa saja yang masih dibutuhkan dan yang tidak.

Artikel terkait:

10. Device Manager "Google" - gratis
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi buatan Google ini sangatlah berguna jikalau smartphone Anda ada hilangnya. Yakni terdapat beberapa pilihan antara lain: lokasi smartphone, penghapusan data yang ada, dll.

Artikel terkait:
11. Documents To Go “Dataviz.Inc” -  berbayar
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi yang satu ini, sangatlah mirip dengan versi PC, yakni dapat melakukan beberapa hal, seperti pembuka dan pengedit dokumen microsoft office (word, excel, outlook, power point), aplikasi ini merupakan yang terbaik dibanding pesaingnya, baik secara tampilan, kemudahan penggunaan, pilihan tools, dll.

12. Dropbox "Dropbox, Inc" - gratis
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi backup data Anda dengan dukungan cloud storage yang satu ini memang memiliki kemajuan disana-sini.

13. Evernote “Evernote Corporation” - gratis
Download file .apk nya langsung disini (Password: www.solution-solusinya.blogspot.com). Aplikasi penyimpan dokumen ini lebih dari cukup untuk sesuatu yang Anda dapatkan secara gratis, dimana Anda dapat mengedit dan membuka data yang telah kita simpan dalam posisi offline maupun online, tampilannya juga bagus, bisa juga untuk menyimpan foto, dan masih banyak lagi.

14. File Manager “InKa” - gratis
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi yang satu ini berguna untuk mengexplore data di smartphone Anda, seperti copy, paste, cut, dll. Tapi dibandingkan aplikasi sejenis yang lain, aplikasi ini lebih baik, karena sangat ringan dan cepat, juga tampilannya bersih dan mudah dalam mengolah data Anda.

15. Go Battery Saver "GO Launcher EX" - gratis
Download langsung lewat Google Play. Dengan Anda memiliki aplikasi ini, yang utama Anda akan dapat membuat paket data Anda secara otomatis akan terputus jika layar padam, dan sebaliknya akan terhubung kembali jikalau layar menyala.

16. GO SMS Pro “GO Dev Team” - gratis
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi SMS original dari android sangatlah sederhana dalam segi tampilan maupun pilihannya. Dengan aplikasi ini, Anda dapat merencanakan mengirim SMS pada beberapa jam kedepan, ringan, tema banyak pilihan, warna dan tampilan bisa Anda ganti sesuka hati, dan berbagai macam pengaturan sesuai personaliasasi Anda dapat ubah sesuka hati.

17. Maven Player “Emersys” - gratis
Download langsung lewat Google Play. Bila Anda menggunakan aplikasi ini, dijamin telinga Anda tidak akan kesakitan. Dikarenakan player yang satu ini memiliki keunggulan yang tidak dipunyai oleh kompetitor lain, yakni waktu Anda melakukan setting equalizer nya akan secara bersamaan dan otomatis menyesuaikan satu dengan yang lainnya.

18. Mobile Go “Wondershare” - gratis
Aplikasi ini dapat Anda dapatkan disini (Password: www.solution-solusinya.blogspot.com). Setelah Anda download, install terlebih dahulu ke komputer, baru setelah complete, maka pada waktu smartphone Anda terhubung ke komputer lewat kabel data, akan muncul fitur seperti backup all data, kirim SMS lewat komputer, convert file, dll. Hal ini sangat berguna bagi kita pengguna smartphone sebagai data cadangan, agar jika suatu saat terjadi hal yang tidak Anda inginkan pada smartphone Anda, maka Anda cukup restore semua data yang Anda perlukan.

19. My Backup Pro "Rerware, LLC" - berbayar
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi ini memiliki tujuan yang sama dengan Mobile GO, cuma bedanya, aplikasi ini digunakan dan dijalankan di smartphone Anda secara langsung.

20. Nova Launcher "TeslaCoil Software" - berbayar
Download langsung lewat Google Play. Ini adalah pengganti user interface bawaan dari pabrikan. Dengan memakai launcher yang satu ini, dijamin kecepatan dalam buka sana-sini akan lebih cepat dibanding sebelumnya. Disamping itu memiliki banyak sekali pengaturan yang dapat Anda ubah sesuka hati Anda.

Artikel terkait:

21. Screen Off and Lock “Katecca” - gratis
Download langsung lewat Google Play. Untuk menghindari kerusakan tombol fisik "power" dikarenakan terlalu seringnya dipencet untuk mengunci dan menghidupkan layar, maka ada baiknya Anda pakai aplikasi ini, dimana cukup Anda sentuh tombol lingkaran yang ada di layar HP Anda, maka akan secara otomatis layar akan padam alias terkunci.

22. Speed Test.net “Ookla” - gratis
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi ini berguna untuk mengukur kecepatan download, upload, juga ping jaringan internet dari service provider Anda.

23. Tubemate “Tubemate” - gratis
Aplikasi ini tidak tersedia di google play atau android market, tetapi kita bisa mendownload nya disini (Password: www.solution-solusinya.blogspot.com). Aplikasi ini berguna sebagai downloader video yang ada di youtube. Keunggulannya yakni, banyak sekali pilihan kualitas beserta resolusi yang disediakan tiap kali Anda akan melakukan proses download.

24. Unrar "Twanky Deuce Software" - gratis
Download langsung lewat Google Play. Sangat berguna untuk mengextract file ber extensi .rar langsung dari smartphone Anda.

25. Whatsapp Messenger "WhatsApp Inc" - gratis
Download langsung lewat Google Play. Aplikasi chat yang satu ini sangat terkenal dikarenakan sistem nya yang berdasarkan nomor telpon, bukan pin (seperti BBM). Sehingga dapat dikatakan seperti SMS tetapi gratis, karena hanya membutuhkan koneksi internet.

Artikel terkait:

Panduan cara install file .apk:
Setelah kita download file .apk tersebut ke smartphone Kita, lalu cari file .apk tersebut dengan memakai file manager, lalu install.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.
Klik disini untuk download artikel diatas.

66 komentar:

  1. kalau dah pake snapdragon battery guru ngapain pake go battery saver, mematikan (off) sms yang ada di system bawaan gimana, syangkan filenya bertumpuk kalau ditambahkan go sms pro, kalau apk mirip untuk apa gunanya, yg ada memory jadi sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dgn go battery saver kemampuan pada memutus koneksi internet lbh bgs dr pd battery guru. Utk go sms pro, ada di opsi utk off in yg sms bawaan, meski aktif kedua nya, file tetap satu saja sumbernya, ga akan numpuk, cuma ntar notif nya yg dobel. Apk mmg mirip, tp ada beda kemampuan yg cukup signifikan..

      Hapus
    2. berarti tidak masalah jika menginstall kedua nya? atau mana yang lebih baik?

      Hapus
    3. Terima kasih atas pertanyannya. Sebaiknya install salah satunya saja, yakni battery guru.

      Hapus
  2. adalagi mas, di 360 mobile security qihuu..kan udah ada aplikasi sama mirip dengan Clean Master, sayangkan memory
    == hendra==

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda kemampuan utk membersihkan file antara 360 dgn clean master..

      Hapus
    2. Beda nya apa ya bisa kasih info gak gan? Di android saya sudah punya avira.. Kira-kira bisa hang gak tuh HP klo diinstal bnyak antivirus.. Trimakasih agan

      Hapus
    3. Ada kemungkinan hang, maka dari itu sebaiknya cukup pilih satu saja anti virus di ponsel Anda, yang Saya rekomendasikan yakni 360 mobile security.

      Hapus
  3. Mksh gan....ada saran bwt pengguna fame s6810?lemot gan
    Aplikasi gg bs d pindah k external.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Muhammad Fahmi dan juga fat mud. Ada cara meminimalisir ponsel yang makin lama makin lemot, coba Anda search di blog ini, artikel nya mengenai memori ponsel.

      Hapus
  4. untuk murid nih 1300 buku gratis dasyat > bse.mahoni.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Investasi Global.

      Hapus
  5. Knp smartphon saya tidak bsa memainkan game yg baru d download.. cuma bisa membuka trus kmbali lg ke layar utama... knp y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Mblatenx. Hal tersebut terjadi akibat dari tidak cocoknya spek yang diminta aplikasi game tersebut dibanding sumber daya yang dipunya oleh ponsel Anda.

      Hapus
  6. ane masih bingung soalnya msih awam. smartphone saya samsung galaxy core 1862 duos
    mhon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Danndy. Maksud Anda bingung dimananya ya?

      Hapus
  7. hp saya oppo find 5mini tapi saya tdak tau dari banyak nya aplikasi di atas yg anda jelaskan yg paling di penting kan yg mana saja biar saya bisa mendownload nya....

    trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara ryo woless. Hal tersebut sangat relatif, tergantung Anda kira-kira butuh aplikasi apa saja yang sekiranya Anda sering gunakan sehari-hari.

      Hapus
  8. Om knapa ya play store saya gk bisa di update . Saya pake cross at1g . Mohon pncerahan ny om . Udh download update tan di google . Trus saya install gk bisa . Malah jwaban ny gni " tidak bisa di install karena bla bla bla memiliki sertifikat yang berbeda . Mhon pncerahan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Galih Afriali. Biasanya kalau play store bisa update secara otomatis sendiri. Saran Saya biarkan saja seperti itu, karena play store tidaklah terlalu penting untuk dilakukan proses update.

      Hapus
  9. belom pnya android msih miskin

    Software Copy data Otomatis perangkat USB Support All Windows 2014 klik
    Disini by helmykkediricomp.blogspot.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. terima kasih ini artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar positif dari Saudara Ryan Prabowo...

      Hapus
  11. thanks.. lumayan buat nambah referensi aplikasi yg mau dipasang di android saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara ade miftah, syukur jika memang bermanfaat buat Anda...

      Hapus
  12. Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Muhammad Indra Gautama...

      Hapus
  13. Thank's infonya. ⊙﹏⊙
    Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar positif dari Saudara teguh siswanto.

      Hapus
  14. thanks,,,,infonya,,,appk nya sudah saya pake,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Deni Muharam. Saya sungguh menghargainya.

      Hapus
  15. om aku pake Note3 trus aku mau aplikasi yang buat kirim email pake /zip itu yg bagus pakek aplikasi yang apa yah om ? makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudari vina hani, apa maksudnya Anda ingin kirim file dalam format .zip lewat email atau aplikasi lainnya gitu?

      Hapus
  16. Saya pake galaxy y neo aplikasi sedikit tapi sering lemot. Apalagi aplikasi bbm sering terhenti. Kira2 dri apa nya om.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara idan ebeh, memang permasalahan tersebut timbul disebabkan oleh spek dari ponsel Anda yang kurang mendukung, jadi sebaiknya Anda cari spek yang cukup lumayan.

      Hapus
    2. Hp nya Hrus d tukar tmbah sma yg lbih bgus gtu om mksdnya.?

      Hapus
    3. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara idan ebeh. Ya benar, maksud Saya memang sebaiknya tukar tambah dengan yang baru...

      Hapus
  17. Gan ane mau ngilangin tanda peringatan data di android ane tapi usage datanya ngga ada, agan bisa ngerekomendasiin appl pihak ketiga yg cocok buat Android Oppo find muse ane.? Makasih sebelumnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Harry Nuzul, solusinya mudah, Anda masuk ke setting, data usage, lihat grafik, Anda geser garis horizontal warna merah dan oranye ke arah atas setinggi mungkin.

      Hapus
  18. Om, sisi positif dan negatif android akibat di root apa om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Ronie Kazama, Anda dapat baca disini untuk lebih lengkapnya: http://solusibaik.blogspot.com/2014/03/penjelasan-serta-definisi-apa-itu-root.html

      Hapus
  19. Pengen nanya kok hp cross at1g saya gk bisa install google play services saya coba download keluar tulisan incompatible with other application using the same shared account

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Alam Valencia, Anda kemungkinan mendownload lewat luar playstore. Karena Google play services biasa diupdate otomatis oleh Google, tanpa Anda repot-repot untuk mencarinya.

      Hapus
    2. Tapi di handphone saya tidak ada google play services dan saat saya memainkan suatu aplikasi dan ingin log in menggunakan akun gmail keluar tulisan this app need google play services wich is missing from your phone

      Hapus
    3. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Alam Valencia. Anda coba lakukan factory data reset, agar Google play service Anda dapat berjalan dengan normal.

      Hapus
    4. Apakah aplikasi yang sudah diinstal dan memory hp kita juga akan dihapus

      Hapus
    5. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Alam Valencia, ya, semua data yang ada di internal memori Anda akan terhapus secara keseluruhan. Tapi Anda sebelumnya dapat melakukan proses backup data aplikasi tersebut ke dalam format file .apk.

      Hapus
    6. Sudah saya reset tapi google play services masih tidak ada dan tidak bisa diinstall dan masalahnya masih sama not compatible with same shared used id

      Hapus
    7. App penghemat batrey yg bagus apa ya om

      Hapus
    8. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Alam Valencia. Kemungkinan hal tersebut muncul akibat Anda pernah memiliki dua ponsel dengan menggunakan akun Google yang sama.

      Hapus
    9. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Anonim. Aplikasi penghemat daya yang baik menurut Saya, khusus pengguna prosesor qualcom, battery guru.

      Hapus
    10. Ini handphone saya yang pertama

      Hapus
    11. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Alam Valencia. Begini saja, coba Anda lakukan remove semua account google yang ada, kemudian Anda buat account google yang baru.

      Hapus
  20. aplikasi pembersih iklan paling ampuh kira" apa mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Anonim. Aplikasi pembersih iklan yang ampuh untuk yang telah di root adalah adblock plus.

      Hapus
  21. @anonim yang diatas : aplikasi pembersih iklan paling ampuh adalah adfree. tapi, androidnya harus di root dulu. kalau udah root tinggal download aplikasinya. bisa anda browsing di google mengenai cara dan download adfree.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tanggapan dari Saudara Anonim.

      Hapus
  22. Avast mobile security lebih baik dari 360 mobile security.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pernyataan dari Saudara Yogi Setiawan.

      Hapus
  23. kalo aplikasi edit foto yang paling bagus apa yach..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudari Bella Yuanita Pratiwi. Menurut Saya aplikasi edit foto terbaik adalah photo studio.

      Hapus
  24. Maaf pak kalo cara root hp gmna ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Ade Hernandar. Cara root dapat Anda mulai dari pencarian aplikasi untuk root yang support atau mendukung perangkat Anda.

      Hapus
  25. screen off and lock kayaknya berguna nih. brb donlot

    BalasHapus