Senin, 10 Februari 2014

Flappy Bird Benar-Benar Hilang dari Google Android Playstore, Tricks?

Gambar flappy bird yang lucu.

Cobalah Anda buka smartphone android Anda sekarang, dapat dipastikan Anda tidak akan dapat menemukan game yang sedang booming belakangan ini, yakni Flappy Bird. Jika Anda pengguna smartphone dengan OS Google Android, dapat download gratis disini file format apk. Untuk pengguna BlackBerry dengan versi 10.2, dimana sudah dapat menginstall file berformat apk, dapat download gratis disini file format apk.

Berikut kisah lengkap, dari awal lahirnya hingga akhir hayatnya, Si Flappy Bird ini.
Kisah lahirnya Flappy Bird ini sebenarnya bermula dari tahun 2012, tapi tidak jadi diluncurkan, akhirnya baru meluncur bulan mei 2013, pengembangnya adalah orang Vietnam yang bernama Dong Nguyen, yang bekerja di kantor pembuat aplikasi bernama Gears Studio, hanya perlu 2-3 jam untuk membuatnya.

Menurut pengakuan Dong, Dia tidak berharap mendapatkan uang dari game ini, karena ini merupakan game gratisan. Dimana memang ada iklan, tampilnya pun hanya setelah game over, letaknya pun di posisi atas layar.

Tapi namanya faktor luck atau keberuntungan, nasib baik menghampiri Dong. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah tahun, Flappy Bird telah mampu menempati posisi teratas pada tangga aplikasi di ios dan android.

Gameplay Flappy Bird ini sangat lah sederhana, kita hanya perlu tapping layar agar burung bergerak naik, tugas Kita hanya perlu melewati sela-sela diantara 2 pipa hijau seperti yang ada di game mario bros, tiap kali melewati sepasang pipa tersebut, Kita akan mendapat 1 poin. Dengan ukuran file yang tidak sampai 1mb, jangan membayangkan Anda dapat tampilan yang smooth alias mulus, malah Anda akan mendapatkan tampilan yang terlihat kotak-kotak disana-sini.

Meskipun gameplay dapat dibilang sederhana, namun game ini membutuhkan konsentrasi penuh, karena sekali salah waktu atau posisi tapping, alhasil akan langsung game over tanpa ada cadangan nyawa, sehingga Kita terpaksa mulai dari awal lagi.

Dengan proses ini, maka tidak sedikit orang yang awalnya penasaran, lalu suka, kecanduan, gemes, gregetan, akhirnya stres. Apalagi jika bersaing dengan teman yang lain, skor akan makin lama makin naik dan makin susah untuk ditaklukkan.

Nah, dengan model seperti diatas dan juga semakin umumnya dunia online, maka skor yang di dapat jika merasa cukup tinggi, maka banyak yang post di Twitter ataupun Path, maka makin cepatlah perkembangan dan peningkatan jumlah download dan terkenal nya. Juga termasuk dibantu oleh media Youtube, dimana ada analisator game bernama Pew Die Pie, yang memiliki followers sejumlah 2 juta, mengulas secara khusus game Flappy Bird ini.

Alhasil dengan unduhan di bulan januari 2014 kemarin,  telah mencapai sebesar 50 juta kali di download. Sehingga dengan adanya iklan, maka penghasilan yang di dapat oleh Dong bisa mencapai 50 ribu dollar atau sekitar 608 juta rupiah per hari nya, sungguh suatu jumlah yang fantastis!

Semakin tinggi pohon, semakin banyak angin yang menerpa. Belakangan, ada beberapa pihak yang berseberangan. Salah satunya adalah Carter Thomas, seorang pengembang dan ahli pemasaran aplikasi, yang menuduh Dong menggunakan Bot atau komputer atau robot untuk mendongkrak pemasaran game Flappy Bird ini, sehingga dapat begitu cepatnya mencapai posisi teratas. Juga ada yang menyebut Flappy Bird mengcopy sebuah game bernama Piou Piou.

Tanpa disangka-sangka dan diluar akal sehat, di awal februari 2014 ini, Dong yang misterius (karena jarang mau di wawancara), lewat akun Twitter nya @dongatory, berkata bahwa ini tidak ada hubungannya dengan masalah hukum, Dong meminta maaf pada para penggemarnya, bahwa dalam 22 jam kedepan, Flappy Bird akan dimatikan.

Sontak, hal ini menjadi kabar yang sangat mengejutkan banyak pihak, bagaimana tidak, sebuah game yang menghasilkan uang sebegitu banyaknya tiba-tiba akan dihapus.

Dong kemudian sempat diwawancarai, apakah akan menjual game Flappy Bird ini, Dong langsung menjawab bahwa tidak akan dijual, Dia setelah ini akan berencana membuat game-game baru. Dia juga menyalahkan media, yang menggembar-gemborkan kesuksesan Game ini, yang menjadikan hidupnya lebih rumit, jadi sekarang Dia ingin hidup dengan damai.

Nah, bagi orang awam hal ini terlihat aneh, tapi bagi seorang marketer, langkah yang diambil oleh Dong ini mungkin adalah strategi yang telah Dia rencanakan dengan matang, dimana sewaktu di puncak kepopuleran, Flappy Bird sengaja dimatikan, sehingga membuat orang yang belum pernah main jadi makin penasaran untuk memainkannya. Dan jangan lupa, sejatinya game ini tetaplah ada, karena meski tidak ada di playstore, Kita dapat download file apk nya dan menginstall nya lagi, juga iklan yang ada di game tersebut masih akan selalu aktif, sehingga Dong masih akan selalu mendapatkan pemasukan dari sana.

Juga dengan tricks pemasaran seperti ini, game baru yang akan dibuat oleh Dong selanjutnya, dapat dipastikan akan booming lagi, hanya dengan diberi embel-embel produksi Gears Studio yang membuat Flappy Bird, maka orang-orang akan berbondong-bondong untuk mendownload dan memainkannya. Sungguh suatu tricks yang jenius bagi seorang yang dilihat aneh oleh kebanyakan orang. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar