Senin, 17 Februari 2014

Cara Cepat dan Singkat Update Android Sony Xperia

Gambar software sony xperia untuk update.

Mempunyai sebuah smartphone, hal yang paling diinginkan yaitu selalu mendapatkan update terbaru dari versi operating system (OS). Dengan mendapatkan versi yang terbaru, maka Kita dapat fitur yang terbaru, kemampuan yang lebih bagus, dan hilangnya bug software dari yang terdahulu.

Khususnya untuk OS Google Android, dibandingkan dengan produk pesaing, seperti IOS maupun windows phone, update untuk Android dapat dibilang yang tercepat. Sayang jika Kita memiliki smartphone berbasiskan Android tapi Kita tidak tahu cara update nya, alhasil smartphone Kita tidak dapat memaksimalkan kinerjanya.

Kali ini, khusus untuk penggguna Google Android dengan pabrikan Sony, dimana biasa disebut dengan Sony Xperia, cara update nya ada tiga macam, jikalau Anda tidak mengetahui cara mana yang paling cepat, alhasil Anda akan sangat lama membuang waktu dan tenaga, berikut langsung saja Saya jabarkan satu per satu:
1. PC Companion
Ini adalah model update paling mendasar dan paling "jadul" untuk Sony Xperia, dimana di handset Anda jika Anda tancapkan lewat USB Cable ke komputer Anda (dengan terlebih dahulu mencentang opsi di setting>Xperia>USB Connectivity>Install PC Companion), maka akan secara otomatis muncul notifikasi di layar komputer Anda, apakah ingin menginstall PC Companion atau tidak. Jika Anda ingin, maka pilih install atau yes. Lalu ikuti saja panduan untuk install nya. Setelah selesai, maka Anda dapat mengecek apakah software untuk handset Anda sudah yang terbaru atau belum. Jika belum, maka Anda dapat teruskan untuk proses update. Sebelum update, Anda perlu untuk menyiapkan koneksi internet lewat saluran lain (jangan gunakan handset yang akan di update untuk koneksi internet, karena selama proses update handset akan terputus koneksi internetnya). Sebagai catatan, dengan menggunakan metode ini, terkadang proses yang dibutuhkan bisa memakan waktu yang berjam-jam, disamping software untuk update biasanya berkisar sekitar 500 mb, juga mungkin adanya bug pada software PC Companion sendiri, sehingga proses update bisa mentok di tengah jalan. Jikalau Anda kesulitan, dapat Anda download langsung file nya disini ke komputer Anda.

2. Update Service
Metode ini adalah metode dengan kecepatan, kemudahan, dan prosentase berhasil nomor dua setelah menggunakan PC Companion.Untuk mendapatkan file exe, Anda download disini terlebih dahulu. Setelah selesai Anda download, maka file tersebut Anda masukkan ke komputer Anda, lalu lakukan proses instalasi terlebih dahulu. Jikalau telah selesai, maka Anda dapat melakukan proses update dari Sony Xperia Anda sesuai panduan yang ada di dalam software tersebut. Proses update yang dibutuhkan akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan PC Companion, juga kemungkinan berhasil yang lebih besar, meskipun ukuran file yang dibutuhkan untuk proses update tetaplah sama sekitar 500 mb.

3. Over The Air
Maksud over the air disini adalah, proses update yang tanpa perlu bantuan oleh komputer. Dengan jalan, jikalau Sony Xperia Anda telah mendapatkan notifikasi bahwa ada update software terbaru untuk type handset Anda, maka langsung saja Anda nyalakan koneksi wifi di handset Anda terlebih dahulu (jangan lupa untuk charge handset Anda sampai penuh terlebih dahulu), kemudian Anda menuju ke setting>about phone>software update>system. Lalu selanjutnya klik versi update OS terbaru tersebut, lalu klik download lewat wifi. Tunggu proses download hingga selesai (jikalau ditengah jalan ada gangguan pada koneksi wifi, Anda tidak perlu khawatir untuk mulai dari awal lagi, Anda dapat melanjutkannya langsung dari terakhir terputus). Jika sudah selesai, maka Anda klik install. Tunggu hingga proses install dan update selesai. Waktu yang dibutuhkan tidak sampai 15 menit juga dengan besaran file tidak sampai 100 mb, simpel bukan? Ya, dengan menggunakan cara ini, adalah cara yang paling cepat, mudah, dan aman dibandingkan yang lain.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

17 komentar:

  1. gan. mau tanya. saya sudah coba update pakai pc companion dan terhenti di 99 %. saya coba pakai update services terhenti di 701,2 mb / 705,1 mb. dan coba pakai wifi. saat install dia tdk bisa. muncul pemberitahuan could not install. itu knpa ya gan?
    hp saya sony xperia M dual. mau update ke jelly bean 4,3.
    mhon bantuannya gan.. plisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba update service di update dengan versi terbaru, seharusnya bisa..

      Hapus
  2. Kalo wifi hpnya rusak gimana bang ? Experia L gangguan wifi tak bisa dinyalakan. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Iqbal Maula. Kalau wifi Anda rusak, ada baiknya update dilakukan lewat PC, dengan menggunakan software yang tersedia diatas.

      Hapus
  3. Gan... punya ane xperia m kok ada notif nya sayangnya pembaruan sistem telah beehenti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara edy riawan. Kemungkinan koneksi internet Anda putus ditengah jalan. Ada baiknya Anda coba lakukan pembaharuan lewat PC saja.

      Hapus
  4. Gan... gue dah update sampai selesai tp hape gue jadixa restart terus gan!!! Gmana nih?? mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara shabir rahman. Anda bisa coba lakukan factory data reset, jikalau masih saja terjadi restart, kemungkinan itu disebabkan oleh bug dari software sistem operasi Anda.

      Hapus
  5. Gan.. gue dah update pake sampai selesai tp hape gue jadix restart terus n g bisa masuk ke OS.x!! Cuman muncul tulisan sony bis itu restart sendiri g berhenti2.. Hape sy sony xperia C gan.. mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara shabir rahman. Anda bisa coba lakukan update sekali lagi dengan menggunakan software yang tersedia diatas, kemungkinan ada satu bagian proses yang terlewati tidak ikut terinstall.

      Hapus
  6. gan , ane mau tanya xperia m ane udah tak upgrade melalui wifi ke 4.3 berhasil. terus tak root na ane downgrade ke 4.2.2 lagi . terus tak upgrade. pas posisi lg ngnstal gagal " pembruan perangkat lunak anda gagal mohon coba lagy " tlsannya gt gan. padahal udah tak unroot smpe skrg msh gagal. MOHON PENCERAHAANNYA GAN. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Fahdie Fajar. Sebaiknya Anda gunakan aplikasi "update sevice" (yang tersedia diatas) lewat PC Anda.

      Hapus
  7. Mau nanya dong,xperia z3 saya masih memggunakan android kitkat dan belum ada pemberitahuan pembaruan,emang belum ada atau error ya mas?saya refresh kembali tapi dari pihak sony selalu menampilkan -perangkat anda sudah terbaru-
    Tapi setau saya versi 4.4.4 sudah jadul bgt

    BalasHapus
  8. Kenapa hp saya tidak bisa di update?? Z3 d6653

    BalasHapus
  9. apakah hp sony xperia s lt26i dngan versi 2.3.7 bisa d apdate ke versi 5.0.3

    BalasHapus