Senin, 17 Maret 2014

Cara Mengatasi Error Restart Sendiri pada Android

Gambar ilustrasi android restart sendiri.

Apakah Anda pernah menjumpai suatu masalah spesifik (pada kali ini difokuskan restart) yang berulang pada saat membuka suatu aplikasi ataupun tidak sama sekali pada smartphone Android Anda? Masalah tersebut dapat muncul dikarenakan ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, dengan adanya proses restart dengan sendirinya tersebut, berarti sistem kerja pada smartphone Anda bisa dikatakan normal maupun abnormal, dikarenakan dengan adanya restart tersebut bertujuan untuk melindungi smartphone Anda agar terhindar dari kerusakan pada hardware di kemudian harinya ataupun memang ada yang tidak beres. Langsung saja akan Saya kupas satu per satu penyebabnya seperti di bawah ini:
1. Satu aplikasi yang bermasalah
Suatu aplikasi di buat oleh pembuat aplikasi atau developer dengan suatu tingkat spesifikasi tertentu, maka suatu aplikasi jika ingin Anda pasang harus selalu disesuaikan dengan spesifikasi hardware dari smartphone itu sendiri. Jikalau tidak, maka akan terjadi ketidakseimbangan antara software (aplikasi) dengan hardware (smartphone) Anda. Hal ini tidak akan pernah atau kecil kemungkinan terjadi jikalau Anda pasang lewat playstore (bukan lewat file .apk), dikarenakan jikalau lewat playstore, akan secara otomatis smartphone yang tidak sesuai akan disaring. Jika hanya satu aplikasi yang menjadi penyebab, maka coba cek apakah diinstall lewat playstore atau bukan. Jika di luar playstore maka sebaiknya hapus aplikasi tersebut.

2. Beberapa aplikasi yang bermasalah
Jikalau Anda menemukan kejadian restart tiap kali membuka suatu aplikasi, tapi terjadi tidak hanya pada satu aplikasi tertentu (beberapa aplikasi), maka patut dicurigai, bahwa yang bermasalah bukan dari aplikasi-aplikasi tersebut melainkan pada sistem operasinya sendiri yang bermasalah. Maka solusinya dengan melakukan factory data reset (lewat menu setting, backup and reset), tapi sebelumnya lakukan backup data-data yang penting terlebih dahulu, karena data pada smartphone Anda akan dihapus total. Jika proses tersebut selesai, maka Anda dapat install aplikasi pihak ketiga yang diinginkan secara bertahap dan tidak berbarengan, kemudian tiap kali Anda install suatu aplikasi, Anda coba cek apakah aplikasi yang baru tersebut menyebabkan smartphone restart atau tidak.

3. Tanpa aplikasi tetap bermasalah
Pada poin ini jikalau Anda setelah melakukan factory data reset, Anda tanpa menginstall aplikasi pihak ketiga sama sekali, akan tetapi smartphone Anda tetap menimbulkan gejala restart sendiri, ini dapat disebabkan dua hal:

3.1. Bug Software
Anda dapat mengetahuinya dengan melakukan proses update sistem operasi dengan yang terbaru, jika setelah selesai update permasalahan tersebut berkurang maupun hilang sama sekali, maka memang benar bahwa yang menjadi penyebanya adalah bug pada software.

3.2. Kerusakan Hardware
Jikalau masih terjadi meskipun telah di update versi sistem operasinya menjadi yang terbaru, maka dapat dipastikan itu dikarenakan oleh kekurang sempurnaan pada hardware smartphone Anda. Segeralah ke service center pabrikan samrtphone Anda, agar segera dilakukan proses perbaikan.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.
Klik disini untuk download artikel diatas.

7 komentar:

  1. Wah iya nih, hp ane kadang juga suka restart sendiri, aplikasi dan game yg berat2 udah di hapus hapusin tapi kadang masih suka restart..kira2 masalahnya dimana ya ? apa harus install ulang androidnya ?

    BalasHapus
  2. Androidku juga kadang lelet klo mau masuk aplikasi bawaan hp...ap yg salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Agus Kusworo. Coba lakukan restart dulu, jika masih tetap, kemungkinan disebabkan oleh terlalu banyaknya aplikasi yang Anda install.

      Hapus
  3. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Indra, sebaiknya tunggu dapat update sistem operasi yang terbaru, kemungkinan masalah tersebut disebabkan oleh bug dari sistem operasi yang sekarang Anda pakai.

    BalasHapus
  4. mas, saya mau tanya dong. hp saya lenovo A706, setelah di update sistem pembaruan hp saya langsung nghang terus ya? itu kenapa ya? tolong jawabannya di email ke rizky.noviani@gmail.com. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Rizky Noviani. Mohon maaf sebelumnya, karena pertanyaan Anda coba Saya jawab lewat forum ini. Kemungkinan ada sesuatu kesalahan waktu proses update berjalan, maka solusinya lakukan factory data reset pada ponsel Anda.

      Hapus
  5. Artikel ini sangat memberi pencerahan bagi saya.. Tp sy msih bingung dg yg dialami sma tablet sy skrg.. Sbelum suka restart sndiri wktu baru dihidupin, muncul tlisan yg intinya menyatakan program abnormal. Dan stlah itu semua aplikasi jdi berhenti dan tdak mau di buka lalu restart sendiri. Kira2 bagaimana ya cara mengatasinya? Saya sudah coba hard reset factory tp tdk ada perubahan. Skali lg mohon bantuanny..terimakasih.

    BalasHapus