Minggu, 09 Februari 2014

Akhirnya Pengembang dan Pengguna Aplikasi Android di Indonesia Bisa Pakai Rupiah

Gambar playstore dengan mata uang rupiah.

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya sistem operasi paling terkenal, yakni Google Android, akhirnya memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang tinggal di negara Indonesia. Setelah sebelumnya sistem operasi windows phone (dahulu milik nokia), ios (milik apple), serta itunes (juga milik apple) yang memberikan kemudahan dengan sistem pembayaran dengan menggunakan mata uang Rupiah. Akhirnya baru saja Google Android lewat toko digital nya yakni playstore juga membolehkan mata uang Rupiah terpampang disana.
Hal ini sungguh suatu kabar yang "cukup" menggembirakan baik bagi pengembang maupun juga pengguna aplikasi Android yang ada di Indonesia. Kenapa dapat dibilang "cukup"? Karena masih menyisakan sedikit ganjalan pada tata cara sistem pembayarannya, yakni hanya memperbolehkan dengan menggunakan kartu kredit saja. Padahal seharusnya pihak Google menganut sistem pembayaran dengan potong pulsa, sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses pembelian suatu aplikasi.

Akan tetapi dengan sistem yang ada sekarang, sebenarnya sudah merupakan suatu lompatan yang cukup signifikan, kenapa bisa dibilang demikian? Karena dalam posisi pengembang suatu aplikasi atau developer, yang selama ini dengan memakai dollar cukup merumitkan proses penerimaan uang hasil dari penjualan aplikasi yang telah dibuatnya. Dikarenakan menggunakan dollar, maka mau tidak mau dan suka tidak suka, maka pengembang lokal terpaksa menjalin kerjasama dengan pihak pengembang dari luar negeri untuk mendapatkan dollar tersebut. Dengan kerjasama ini, maka pasti ada potongan beberapa persen dari pemasukan untuk diberikan kepada pengembang yang ada di luar negeri tersebut.

Sedangkan dalam posisi pengguna aplikasi, diuntungkan dengan stabilnya mata uang Rupiah ada, tanpa dipengaruhi oleh naik turunnya dollar dan tanpa perlu mengkonversinya lagi.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.
Klik disini untuk download artikel diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar