Selasa, 08 April 2014

Cara Mengatasi Masalah Error Sinkronisasi Kontak pada Android

Gambar proses sinkronisasi pada Android.

Pada kesempatan kali ini, Saya ingin berbagi pengalaman tentang masalah sinkronisasi kontak yang bermasalah pada smartphone Android. Ya, beberapa waktu yang lalu, Saya pernah mencoba memasang aplikasi pihak ketiga yang bernama Go Contact yang dibuat oleh Go Dev Team pada smartphone android Saya, pada awalnya terlihat tidak ada masalah sama sekali, akan tetapi beberapa saat setelahnya (pernah menambah beberapa kontak baru pada kontak), pada saat akan mensinkronisasi kontak dengan akun Google timbul masalah yakni ketidakmampuan untuk melakukan sinkronisasi. Padahal sinkronisasi aplikasi yang lainnya, seperti email, chrome, kalender, dll tidak terjadi masalah sama sekali.

Maka, setelah coba sana-sini untuk mencari tahu apa penyebabnya, singkat cerita, ternyata masalah tersebut terjadi akibat dari pemakaian aplikasi Go Contact tersebut, kenapa hal ini bisa terjadi? Ternyata ada perbedaan tata letak kolom pada kontak standar yang dimiliki oleh Google dibandingkan dengan kolom yang dimiliki oleh Go Contact tersebut. Maka dari itu proses sinkronisasi tidak dapat berjalan dengan normal.

Langsung saja, untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas agar kembali normal proses sinkronisasi kontak Anda, Saya akan jelaskan secara lengkap tahap demi tahap berikut ini:
1. Cara mudah, aman, dan cepat
Maksud "aman" pada judul diatas adalah dengan bantuan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang mana dapat Anda download disini. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda tinggal menunggu, biarkanlah aplikasi tersebut bekerja untuk menemukan kontak mana saja yang sekiranya bermasalah dan secara otomatis akan memperbaikinya.

Jikalau dengan aplikasi ini, smartphone Anda masih saja mengalami masalah, maka sebaiknya Anda gunakan metode kedua berikut ini, dengan catatan Anda harus ikuti tiap langkah dengan benar, agar tidak terjadi masalah yang baru pada smartphone Anda, yaitu terhapusnya semua kontak yang telah Anda miliki sebelumnya.

2. Cara rumit, beresiko, tapi sempurna
2.1. Cari aplikasi pihak ketiga selain aplikasi bawaan yang berhubungan dengan kontak, setelah menemukannya, maka segeralah hapus semuanya dari smartphone Anda. Hal ini sangat penting, agar tidak terulangnya permasalahan yang sama di kemudian hari.

2.2. Lakukan proses backup terhadap data kontak Anda, yang pasti tidak bisa lewat proses sinkronisasi dengan akun Google Anda seperti pada umumnya, tapi Anda dapat mencoba lewat pilihan seperti di bawah ini:

2.2.1. Langsung lewat smartphone
Anda buka aplikasi kontak (contacts) bawaan asli dari Android, lalu pilihlah option, lalu pilih backup contact, pilih memory card atau sd card. Setelah proses backup selesai, Anda cari file dengan ekstensi .vcf yang dihasilkan dari proses backup sebelumnya dengan lokasi folder di: sdcard/System/PIM. Jika Anda berencana untuk sign in ke akun Google Anda lewat smartphone Anda secara langsung (biarkan saja file .vcf tersebut pada tempatnya), akan tetapi jika Anda berencana untuk sign in lewat komputer, maka Anda harus memindahkan file tersebut ke hard disk pada komputer Anda. Setelah Anda sign in ke akun Google Anda, Anda masuk ke kontak yang ada di akun Google Anda, lalu lakukan proses upload file .vcf tersebut.

Sebagai catatan dari Saya, cara ini agak kurang sempurna, dikarenakan hasilnya pada kontak akan tertukar satu dengan yang lainnya, baik itu dalam kolom maupun nama-nama kontak nya.

2.2.2. Lewat aplikasi Mobile Go di komputer
Anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu disini. Jika sudah Anda download, Anda dapat install terlebih dahulu ke komputer. Setelah itu hubungkan smartphone Anda dengan komputer lewat bantuan kabel data. Setelah itu buka aplikasi Mobile Go tersebut pada komputer Anda, lalu pilihlah more, cari "export to microsoft outlook", setelah selesai dengan sempurna, langsung saja buka aplikasi microsoft outlook pada komputer Anda. Pada bagian kontak, jika berhasil dengan sukses, akan terlihat daftar kontak Anda secara lengkap. Kemudian klik file, lalu cari dan pilih "export to comma separated value DOS (.csv)". Setelah berhasil, segeralah cari lokasi folder yang ada file hasil backup tersebut, hal ini akan berguna untuk langkah berikutnya.

2.3. Langkah berikutnya, kembali ke smartphone Anda, masuklah ke pengaturan (setting), pilihlah Apps, lalu All, carilah Contacts Storage, lalu pilihlah “clear data”. Hal ini bertujuan agar semua data kontak yang ada di smartphone Anda terhapus secara bersih, karena jika ada tidak bersihnya, maka pada waktu Anda lakukan proses sinkronisasi dikemudian hari, maka kontak yang ada di akun Google Anda mengikuti data kontak yang ada di smartphone Anda, padahal yang diinginkan adalah proses sebaliknya.

2.4. Berikutnya sign in ke akun Google Dashboard Anda (bisa lewat komputer maupun smartphone). Lalu pilihlah kontak (contacts), kemudian hapuslah semua kontak yang ada disana (hal ini perlu agar data kontak yang ada di akun Google Anda murni dan bersih dari kontaminasi kontak yang bermasalah). Setelah itu langsung saja lakukan proses import file .vcf  atau file .csv yang telah Anda peroleh pada proses sebelumnya. Jika sudah berjalan sempurna, lalu sign out dari akun Google Anda.

2.5. Selanjutnya kembali lagi ke smartphone Anda untuk dilakukan pengecekan terhadap data kontak yang ada, apakah sudah terhapus secara bersih data yang ada di kontak. Jika sudah bersih, masuklah ke pengaturan (setting), lalu pilihlah Accounts, pilih Google, pilih salah satu akun Google yang telah Anda gunakan pada proses backup sebelumnya, lalu lakukan proses sinkronisasi pada kontak dengan akun Google Anda. Jika Anda berhasil melakukan proses tersebut, maka Anda akan jumpai daftar kontak kembali sempurna seperti sedia kala. Oya, tetap pada kontak, Anda pilih group, lalu hapuslah group imported.

Demikian penjelasan dari Saya kali ini, semoga Anda dapat memetik manfaat dari artikel kali ini.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar