Rabu, 09 April 2014

Cara Memunculkan Opsi USB Debugging pada Android Jelly Bean

Gambar USB Debugging pada Android.

Saya kali ini ingin membahas mengenai USB Debugging pada Android. Ada hal menarik yang Saya jumpai pada saat peralihan antara sistem operasi Android ice cream sandwich (ICS) dengan Jelly Bean, yakni "hilangnya" menu opsi USB Debugging pada menu pengaturan (setting).

Kenapa hal ini bisa terjadi? Tidak lain memang faktor kesengajaan dari Google untuk menyembunyikannya agar tidak mudah diakses langsung oleh pemakai smartphone Android. Hal ini tidak terlepas dari kegunaan dan manfaat dari USB Debugging itu sendiri jika telah diaktifkan, seperti:
1. Agar hubungan antara smartphone dengan komputer dapat terjalin sempurna, baik itu untuk sekedar membaca, copy, paste, backup, serta restore isi memori internal maupun eksternal dari smartphone ke komputer (lewat opsi USB mass storage) maupun untuk berbagi koneksi internet alias modem dari smartphone ke komputer (lewat opsi USB tethering), juga agar aplikasi PC Suite bawaan dari pabrikan smartphone dapat mendeteksi keberadaan handset.

2. Juga sebagai syarat jika ingin memasang custom ROM maupun melakukan proses rooting pada smartphone Android.

Nah, dengan setumpuk kegunaan tersebut diatas, memang wajar Google berpikiran untuk menyembunyikannya, terutama khawatir disalahgunakan untuk melakukan proses rooting maupun custom ROM (dengan hilangnya masa garansi ponsel). Bagi Anda yang merasa perlu mengaktifkan opsi tersebut, berikut Saya jelaskan langkah-langkah yang harus Anda ambil:

1. Masuklah ke menu pengaturan (setting).

2. Gulirkan ke yang paling bawah, lalu pilihlah "about phone".

3. Berikutnya Anda cari "build number", lalu ketuk (tap) lah secara berturut-turut hingga muncul notifikasi “you are now developer”.

4. Kemudian Anda back ke halaman sebelumnya, carilah menu “Developer options” yang baru saja muncul, lalu klik, disitu Anda dapat menemukan opsi USB Debugging untuk Anda centang agar aktif dan dapat Anda gunakan secara bijaksana.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

1 komentar: