Minggu, 18 Mei 2014

Cara Mengatasi Folder atau File Thumbnails yang Terus Timbul Membesar

Gambar album dari ponsel android.

Apakah Anda pengguna ponsel Android, dimana sering kali mengalami masalah seperti yang Saya alami sejak lama, yakni internal storage atau kapasitas internal memori dari ponsel tergerus secara terus menerus dan berulang diakibatkan oleh membesarnya folder thumbnails secara tiba-tiba dan berulang tanpa henti.

Hal ini sungguh membuat Saya bertanya-tanya, kenapa koq sampai Google membuat sistem seperti itu, alasan Google sendiri agar pada saat Kita akan membuka album foto untuk yang kedua kali dan seterusnya tidak membutuhkan waktu yang lama waktu loading nya. Hal ini berdasarkan pengertian dari thumbnails itu sendiri, yaitu merupakan versi dari file foto yang direduksi alias dikecilkan ukuran file nya, agar dapat lebih cepat terindex atau terbaca oleh ponsel, sehingga pada saat membuka album foto akan segera terbuka dengan cepat. Boleh-boleh saja Google berkata seperti itu, tapi yang menjengkelkan adalah file foto yang ada di folder DCIM tidak sebanding dengan hasil yang ada di folder thumbnails.  Bukannya malah diperkecil menurut definisi yang sebenarnya, malah rata-rata perbandingan jumlah antara folder DCIM dengan thumbnails yang dihasilkan adalah 1 dibandingkan dengan 5.

Pada mulanya Saya secara rutin menggunakan solusi memakai bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu clean master, dimana tiap kali ada notifikasi di ponsel Saya yang memberitahukan bahwa memori dalam posisi tidak mencukupi, maka langsung saja Saya buka aplikasi clean master, lalu Saya scan lewat opsi junk files (advanced), maka akan segera terlihat folder thumbnails yang memiliki ukuran file sangat besar, sekitar 2 Gb. Kemudian Saya pilih folder tersebut, lalu Saya klik clean, selesai. Apakah benar-benar selesai? Ternyata tidak, tidak lama kemudian, timbul lagi notifikasi tentang memori yang tidak mencukupi, maka Saya ulangi lagi dengan memakai aplikasi clean master, begitulah terus menerus berulang tanpa henti.


Hingga pada akhirnya, Saya menemukan solusi jitu untuk mengentikan “lingkaran setan” tersebut tanpa harus melakukan proses root pada ponsel Anda (dengan terlebih dahulu Anda download aplikasi file explorer ini), yakni dengan jalan:

1. Gantilah file .thumbdata.....
1.1. Pertama-tama Anda buka aplikasi file explorer yang telah Anda download dari link atau tautan diatas.
1.2. Kemudian aktifkan opsi show hidden files dalam posisi ON.
1.3. Lalu carilah folder DCIM pada sdcard0.
1.4. Di folder DCIM tersebut Anda akan menemukan folder setengah transparan (karena merupakan hidden files) yang bernama .thumbnails, bukalah folder tersebut. Didalamnya Anda akan menemukan file yang bernama .thumbdata..... (catatlah dengan persis nama file tersebut).
1.5. Lalu buatlah sebuah file baru, sebaiknya Anda pilih sebuah file foto dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, lalu lakukan proses rename, ganti nama file foto tersebut persis dengan nama baru yang telah Anda catat sebelumnya: .thumbdata.....
1.6. Kemudian file foto yang telah diganti nama tersebut Anda copy lalu paste kan ke dalam folder DCIM>.thumbnails sebelumnya. Jika muncul notifikasi apakah ingin overwrite atau mengganti, Anda pilih saja Yes atau Ya. Selesai (Jika masih bermasalah kembali seperti sebelumnya, Anda coba poin kedua dibawah ini).

Artikel terkait:


2. Gantilah folder .thumbnails

2.1. Pertama-tama Anda buka aplikasi file explorer yang telah Anda download dari link atau tautan diatas.
2.2. Kemudian aktifkan opsi show hidden files dalam posisi ON.
2.3. Lalu carilah folder DCIM pada sdcard0.
2.4. Di folder DCIM tersebut Anda akan menemukan folder setengah transparan (karena merupakan hidden files) yang bernama .thumbnails, hapuslah folder tersebut.
2.5. Lalu buatlah sebuah file baru, sebaiknya Anda pilih sebuah file foto dengan ukuran file yang tidak terlalu besar, lalu lakukan proses rename, ganti nama file foto tersebut dengan nama baru: .thumbnails.
2.6. Kemudian file foto yang telah diganti nama tersebut Anda copy lalu paste kan ke dalam folder DCIM sebelumnya. Jika muncul notifikasi apakah ingin overwrite atau mengganti, Anda pilih saja Yes atau Ya. Selesai.

Dengan menggunakan kedua cara diatas, Saya jamin Anda tidak akan pernah melihat folder thumbnails dengan ukuran yang sangat besar lagi dikemudian hari.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

6 komentar:

  1. Thanks sharenya mas,, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Febri, semoga bermanfaat buat Anda...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Tsawari Afandy. Passwordnya adalah www.solusibaik.blogspot.com.

      Hapus
  3. cara ini ga ada efek sampingnya kan gan buat HH kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara, menurut pengalaman Saya setelah melakukan cara diatas selama kurang lebih sebulan, tidak terjadi sesuatu dampak yang negatif, malah sebaliknya, ponsel menjadi lebih cepat waktu beroperasi, juga daya tahan baterai lebih awet.

      Hapus