Sabtu, 03 Mei 2014

Cara Agar Akun Google Jauh Lebih Aman

Gambar pentingnya mengaktifkan Google 2-Step Verification.

Kali ini Saya ingin membahas khusus mengenai keamanan dari akun Google yang Anda miliki sekarang. Hampir dapat dipastikan, jika seseorang memiliki ponsel Android, maka otomatis juga memiliki akun Google untuk mensinkronisasi data-data yang ada di ponsel (kontak, kalender, bookmark, blogger, dll) dengan server dari akun Google. Selain itu, sejak sebelum “meledaknya” kesuksesan dari sistem operasi Android, Anda mungkin juga telah memiliki akun Google alias akun Gmail.

Dengan latar belakang akan menumpuknya data-data penting Anda dalam hanya satu akun Google, maka tidak ada salahnya untuk lebih menjaga akun Google Anda tersebut. Yang biasanya pada waktu akan sign in, Anda hanya diminta untuk memasukkan username, yang mana biasanya berupa alamat gmail Anda (diketahui oleh banyak orang) serta password Anda. Maka kekuatan dari akun Google tersebut hanyalah password saja.

Singkat cerita, langsung saja Saya bahas suatu opsi yang telah disediakan oleh Google, yang tidak banyak diketahui oleh pengguna dan pemilik akun Google itu sendiri. Opsi tersebut biasa disebut dengan Google 2-Step Verification. Dengan mengaktifkan fitur ini, hampir dapat dipastikan akun Google Anda jauh lebih aman dari pada sebelumnya.

1. Kenapa Anda membutuhkannya?
Ini akan jauh lebih mudah dibandingkan Anda pikir jika password Anda dicuri oleh orang lain.
Tindakan-tindakan berikut ini dapat membuat password Anda dicuri orang:

1.1. Memakai password yang sama untuk lebih dari satu site.

1.2. Melakukan proses download aplikasi dari Internet.

1.3. Melakukan klik pada sebuah link pada pesan dari email.

Dengan mengaktifkan 2-Step Verification, dapat membantu mengusir orang yang tidak bertanggung jawab pergi, meskipun orang tersebut memiliki password Anda pun. Coba bayangkan Anda kehilangan kemampuan mengakses akun Anda dan semua isinya. Ketika orang yang tidak bertanggung jawab mencuri password Anda, maka Dia dapat mengunci akun Anda, dan Dia dapat melakukan beberapa hal seperti dibawah ini:
Menjelajahi atau malah menghapus semua email, kontak, foto, dll. Berpura-pura menjadi diri Anda menggunakan akun Anda dan mengirimkan email yang tidak diinginkan ke daftar kontak Anda. Menggunakan akun Anda untuk melakukan reset password pada akun yang lain (bank, online shopping, dll).

2. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?
Melakukan sign in ke akun Google Anda akan berjalan sedikit berbeda dari pada biasanya

2.1. Memasukkan password Anda
Ketika Anda akan sign in ke akun Google Anda, Anda akan memasukkan passoword seperti biasanya.

2.2. Memasukkan verification code atau kode untuk verifikasi
Kemudian, Anda akan ditanya untuk memasukkan sebuah kode dengan 6 digit angka yang Anda dapatkan lewat pesan yang dikirimkan ke nomor ponsel yang telah Anda daftarkan sebelumnya, baik itu sms, panggilan telpon, ataupun lewat aplikasi dari Google itu sendiri.

2.3. Membuat proses sign in menjadi simpel
Pada waktu proses sign in, Anda akan memberitahu Google untuk tidak menanyakan sebuah kode lagi untuk perangkat yang telah didaftarkan sebelumnya. Kemudian dari situ, komputer atau perangkat tersebut hanya akan meminta Anda untuk memasukkan password saja tanpa perlu lagi memasukkan kode.
Anda tetap akan dapat memulihkan diri, karena pada saat Anda atau seseorang  mencoba melakukan sign in ke akun Google Anda menggunakan perangkat lain yang belum didaftarkan, maka kode verifikasi akan diperlukan.

3. Bagaimana hal tersebut dapat menjaga Anda?

3.1. Dengan keamanan yang berlapis
Kebanyakan orang hanya memiliki tingkat keamanan yang satu tingkat, yakni password milik mereka, untuk menjaga akun mereka. Akan tetapi dengan menggunakan 2-Step Verification, jika ada seseorang yang tidak bertanggung membajak password Anda, Dia tetap memerlukan ponsel Anda untuk masuk ke akun Google Anda.

3.2. Proses sign in akan memerlukan sesuatu yang Anda ketahui dan yang Anda punya
Dengan 2-Step Verification, Anda akan dapat menjaga akun dengan sesuatu yang Anda ketahui yakni password Anda serta sesuatu yang Anda punya yakni ponsel Anda.

3.3. Kode verifikasi hanya dibuat khusus untuk Anda
Kode verifikasi adalah unik yang terus berubah tiap kali Anda membutuhkan kode tersebut untuk mengakses akun Anda. Kode tersebut akan dikirim ke ponsel Anda lewat sms, panggilan telpon, atau aplikasi Google Authenticator. Setiap kode hanya bisa dipakai sekali. Atau ada juga opsi terakhir yang dapat Anda tempuh jikalau ponsel Anda tidak dapat terakses, dengan menggunakan suatu backup file atau kode yang Anda cetak sebelumnya.

Langsung saja berikut Saya jelaskan langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk mengaktifkannya:
1. Masuk ke alamat: http://accounts.google.com
2. Kemudian pilihlah tab security
3. Pilihlah 2-Step Verification: “Setup”.
4. Kliklah tombol biru “start setup”.
5. Silahkan masukkan lagi password dari akun Google Anda.
6. Masukkan nomor ponsel yang ingin Anda gunakan untuk menerima kode, lalu klik “send code”.
7. Tunggulah sesaat, maka nomor ponsel yang telah Anda daftarkan sebelumnya akan menerima kode verifikasi dari Google.
8. Lalu masukkan 6 digit kode yang telah Anda dapatkan di ponsel ke layar komputer, lalu klik “verify”.
9. Sebaiknya komputer yang Anda gunakan adalah komputer pribadi, jangan gunakan warnet atau komputer umum untuk mengaktifkan opsi ini.
10. Jika memang ini adalah komputer pribadi, maka Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.
11. Maka centanglah pada opsi “Trust this computer”.
12. Dengan mencentangnya, berarti dikemudian hari, Anda tidak akan diminta untuk memasukkan 6 digit kode verifikasi lagi tiap kali login ke akun Google Anda lewat komputer ini.
13. Kemudian kliklah “Next”.
14. Kemudian akan muncul pemberitahuan: “Anda akan selalu ditanya tentang 6 digit kode tiap Anda mencoba sign in akun Google Anda lewat komputer atau perangkat yang belum dipercaya (untrusted computer or device). Dan jika ponsel Anda ada hilangnya, jangan khawatir, Anda dapat mengganti nomor ponsel Anda lewat komputer yang telah dipercaya (Trusted Computer) untuk masuk atau sign in ke akun Google Anda, lalu Anda rubah nomor ponsel Anda pada opsi pengaturan atau setting”.
15. Jika Anda rasa sudah mantap untuk melanjutkan, maka kliklah “Confirm”.
16. Kemudian Anda akan dibawa ke menu “Reconnect your apps and devices”. Anda akan ditanya apakah mengakses akun Google (baik itu email, kalender, kontak) menggunakan iPhone, iPad, atau Mac. Atau juga menggunakan perangkat BlackBerry atau windows phone. Jika ya, maka Anda sebaiknya sekarang menyambung kembali aplikasi Anda dengan akun Google agar lebih aman. Akan ada pilihan reconnect my apps atau do this latter. Pilihlah “do this latter” pada bahasan kali ini.
17. Kemudian Anda akan dibawa ke menu “Reconnect your apps later”. Anda akan mengalami masalah untuk mengakses akun Google Anda dengan menggunakan beberapa aplikasi dan perangkat tertentu hingga Anda menyambungkannya kembali. Jika Anda telah siap, kunjungilah g.co/2stephelp atau kliklah link untuk konfirmasi yang telah disediakan di inbox email Anda. Lalu kliklah “Ok”.
18. Kemudian Anda akan dibawa ke menu “Primary way You receive codes”. Akan tertera primary number dengan opsi Codes sent via text message atau Voice Call. Get codes via our mobile app instead, yang mana dimaksud adalah sebuah aplikasi yang bernama Google Authenticator. Kemudian ada opsi backup options for your primary is unavailable. Add a phone number. Masukkan lagi passsword Anda. Kliklah “Update now”. Juga ada opsi backup codes. We suggest that you print or download backup codes, especially if you travel or have problems receiving codes on your phone. Print or download. Anda akan dapat 8 kombinasi angka untuk Anda cetak ataupun download dalam bentuk file text dalam format .txt.
19. Nah, jika Anda suatu saat akan menonaktifkan 2-step verification ini, maka tinggal Anda pilih opsi “Turn off”.

Nah, bagaimana jika ponsel Anda tiba-tiba hilang atau rusak? Anda segeralah sign in ke akun Google lewat komputer Anda yang telah "dipercaya", lalu segeralah mengubah nomor ponsel Anda, agar data penting Anda yang ada di ponsel yang hilang dapat segera terselamatkan.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

4 komentar:

  1. Thanks mas sharenya,, mau saya coba dlu,,kayaknya belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentar dari Saudara Febri, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

      Hapus
  2. Ini untuk Google. Yang untuk Yahoo nggak ada, ya, Om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara Arie Pudjiarso. Mohon maaf sebelumnya, untuk Yahoo Saya belum memiliki caranya.

      Hapus