Sabtu, 15 Maret 2014

Penjelasan Serta Definisi Apa itu Bootloop, Brick, dan Fastboot pada Android

Gambar ilustrasi Android yang sedang mengalami Bootloop.

Sebagai seorang pemula maupun tingkat mahir, tidak menjamin akan mengetahui arti dari beberapa kosakata berikut ini (khususnya pada sistem operasi Android milik Google) secara tepat. Hal ini adalah suatu hal yang normal, karena memang kosakata ini tidaklah umum di masyarakat. Maka dari itu, meski tidak terlalu sering digunakan dan diperlukan, tapi hal ini patut untuk sekedar diketahui, sehingga pada saat Kita perlu untuk memperbaiki ataupun mengutak-atik smartphone, maka Kita tidak perlu kebingungan mencari artinya lagi.
Pertama-tama Saya akan bahas mengenai "Bootloop" terlebih dahulu. Bootloop sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses atau keadaan yang error pada sistem operasi di smartphone. Dimana ciri-cirinya yakni adanya proses restart dan restart secara terus menerus, dimana dengan adanya proses berulang tersebut tidak dihasilkan apa-apa, atau bisa juga start lalu tidak menyala dan restart lagi. Dengan demikian smartphone Anda melakukan dengan sendirinya suatu proses "a loop while booting" alias pada waktu booting melakukan proses berulang secara tanpa terputus.

Kedua adalah "Brick", adalah suatu kondisi dimana smartphone Anda tidak dapat dapat melakukan proses booting pada sistem operasi Android Anda. Anda dapat memperbaikinya dengan jalan menggunakan salah satunya stock ROM yang ada Anda lakukan flash. Akan tetapi ada dua macam Brick, yakni soft bricks (contohnya adalah bootloops) dimana Anda masih dapat menghidupkan smartphone Anda tapi tidak akan dapat masuk ke home screen selamnya, dan hard bricks (contohnya adalah melakukan update secara over the air dalam kondisi bootloader yang unlocked).

Ketiga adalah Fastboot. Mode pilihan Fastboot biasanya digunakan untuk melakukan flash pada kernel jikalau boatloder dalam kondisi unlocked. Dengan Fastboot Anda dapat dikatakan melakukan proses boot secara cepat. Dengan Fastboot sama saja Anda flash boot.img pada samrtphone Anda, seperti contoh adalah sebuah kernel untuk suatu ROM yang spesifik.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

6 komentar:

  1. Solusi buat fastboot andromax c gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara joy Virgo. Anda dapat mencoba dengan jalan melakukan factory reset.

      Hapus
  2. gan mau tanya andromax c ane juga mati kalau di hidupkan cuman keluar tampilan logo saja dan pas mau ane masuk ke recoveri mode malah muncul bacaan welcome to fastboot gara" ane instal custom room tapi lupa backup datanya gan ada solusinya ngga gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan dari Saudara, coba bisa Anda baca disini, mungkin bisa membantu permasalahan Anda:
      http://rendy37.wordpress.com/2013/06/03/solusi-smartfren-andromax-u-tidak-bisa-recovery-dan-fastboot-metode-btep/

      Hapus
  3. gan max c saya mati total, gara" saya format sistem nya, ada solusi buat saya gak gan? bingung nie, maklum orang awam pgn coba coba hapus castom rom malah mati. mohon di bantu gan MAKASIH

    BalasHapus