Jumat, 28 Maret 2014

Cara Membedakan Produk Smartphone Asli dengan KW atau Super King atau Palsu

Gambar salah satu smartphone terkenal.

Apakah Anda belakangan ini pernah ditawari oleh teman atau kenalan Anda beberapa merk smartphone buatan luar negeri yang telah mempunyai nama, seperti samsung, sony, LG, iphone, maupun blackberry dengan harga yang sangat miring? Jika Anda pernah ditawari ataupun malah sudah membelinya, Anda selayaknya membaca artikel ini, yang menjelaskan bagaimana cara membedakan antara smartphone yang benar-benar asli dengan yang KW, KW disini bukan kualitas nomor dua, melainkan produk yang mencontek hampir bisa dibilang sangat mirip dengan smartphone asli nya, dengan kata lain adalah palsu.
Hal ini sungguh mengkhawatirkan, dikarenakan dari sisi desain dan software, produk ini mampu untuk mencontohnya sedemikian sempurna. Kalau dahulu, produk KW seperti ini hanya dapat meniru desain luar nya saja, tetapi saat ini telah mampu untuk meniru kemampuan tambahan pada software nya, seperti air gesture serta menulis dengan menggunakan stylus.

Dengan kondisi tersebut, maka dengan hanya melihat tampilan fisik luar nya saja, akan sangat sulit untuk mebedaknnya. Sehingga satu-satu nya jalan, yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mencari tahu apa saja komponen-komponen yang ada didalamnya. Akan tetapi, Anda tetap harus hati-hati dengan pemilihan aplikasi yang akan Anda pakai. Hal ini dikarenakan pembuat smartphone KW tersebut telah mampu untuk mengakali atau mencurangi beberapa aplikasi untuk mengecek spesifikasi hardware tersebut. Ada kalanya aplikasi-aplikasi yang telah termodifikasi tersebut, sengaja disediakan langsung pada smartphone KW yang baru saja Anda beli, sehingga Anda secara tidak sadar telah tertipu dengan informasi yang ditampilkan di aplikasi tersebut. Pada saat ini beberapa aplikasi yang telah mampu dimodifikasi adalah CPU-Z, serta Quadrant standard.

Ada aplikasi yang masih murni, salah satu nya seperti CPU / RAM / DEVICE Identifier (Davy Bartoloni), dengan aplikasi ini, maka hardware akan sangat mudah diketahui, termasuk yang paling penting adalah prosesor yang dipakai. Jika telah Anda ketahui isi jeroannya, maka bandingkanlah dengan spesifikasi lengkapnya yang dapat Anda peroleh lewat website resminya. Ada juga aplikasi khusus yang disediakan untuk pemilik smartphone buatan Samsung, yakni keluarga galaxy, yang diberi nama Genuine Galaxy.

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi untuk menghindari smartphone KW, yakni memang type prosesor nya beda, ada juga hanya jumlah core, clock speed, serta resolusi layar nya yang membuat beda.

Untuk pemilik iphone 5, dari sisi luarnya saja sudah terlihat perbedaannya. Sedang untuk melihat kondisi dalamnya, Anda dapat memakai iTunes. Jika setelah Anda sambungkan ke komputer, ternyata smartphone tersebut tidak terdeteksi. Maka dari itu, smartphone tersebut adalah KW maupun bisa juga rekondisi.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar