Senin, 17 November 2014

Cara Menambahkan Tombol "Like" Facebook pada Blog

Gambar tombol "like" pada facebook.

Pada jangka waktu lima tahun belakangan ini, popularitas serta Pengguna dari Facebook meningkat dengan pesatnya, hingga yang terakhir ini sudah menembus 1 Milyar Pengguna.

Sungguh sebuah hal yang menakjubkan, mengingat perusahaan ini belum lama berdiri nya. Nah, sungguh sebuah fakta yang patut Kita sikapi dengan bijak, khusus nya bagi Pemilik blog alias Blogger.

Facebook sebenarnya banyak menyediakan jalan agar Blog atau Website Kita dapat lebih terbantu popularitas nya. Khusus kali ini, Saya ingin membahas secara khusus pada bagaimana sebuah artikel pada sebuah blog dapat terpasang tombol "like" milik Facebook.

Mengapa ini penting serta dapat membantu popularitas dari Blog Kita? Dengan adanya tombol "Like" pada setiap artikel, maka tiap kali ada Pengguna Facebook yang menekan tombol "Like" tersebut, maka artikel tersebut akan secara otomatis masuk ke profil Facebook nya. Sehingga para teman nya dapat mengetahui bahwa ada sebuah artikel yang bagus, lalu ikut memberikan "Like", sehingga akan terjadi penyebaran yang sangat cepat.


Maka dari itu, mengingat pentingnya hal tersebut, maka langsung saja Saya ulas bagaimana tahapan-tahapan nya:

1. Masuklah ke Blogger Dashboard.

2. Setelah berhasil masuk, pilihlah "Template".

3. Lalu masuk ke "Edit HTML"

4. Carilah kode berikut ini, dengan bantuan agar cepat Anda ketik CTRL+F: <data:post.body/>

5. Anda mungkin akan menjumpai kode ini sekitar dua sampai tiga kali, jika Anda tekan tombol "enter".

6. Anda coba masukkan kode di bawah ini, pada kode urutan yang kedua atau ketiga, yang mana tiap kali Anda simpan terlebih dahulu, lalu Anda cek di tampilan blog, apakah sudah muncul atau belum tombol "Like" yang diharapkan.

7. Berikut tambahan kode yang Saya maksud, yang Anda sisipkan pada posisi sebelum ("Like" akan tampil tepat dibawah judul artikel) atau pada posisi sesudah ("Like" akan tampil pada posisi bawah sendiri pada artikel) kode <data:post.body/>.

7.1. Tombol "Like" versi horizontal, dengan tampilan angka tepat disebelah kanan "Like", yang menunjukkan jumlah orang yang telah memencet.

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'> <iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.canonicalUrl + &quot;&amp;send=false&amp;layout=button_count&amp;show_faces=false&amp;width=90&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&amp;height=21&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:90px; height:21px;'/> </b:if>

7.2. Tombol "Like" versi vertikal, dengan tampilan angka tepat disebelah atas "Like", yang menunjukkan jumlah orang yang telah memencet.

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'> <iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.canonicalUrl + &quot;&amp;send=false&amp;layout=box_count&amp;show_faces=false&amp;width=55&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&amp;height=62&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:55px; height:62px;'/> </b:if>

7.3. Tombol "Like" versi tanpa adanya tampilan angka.

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'> <iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.canonicalUrl + &quot;&amp;send=false&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=450&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&amp;height=35&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:450px; height:35px;'/> </b:if>

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar