Senin, 10 November 2014

Pentingnya Speed Class pada Kartu Memori

Gambar memori Micro SD.

Pada zaman sekarang, sudah jamak hampir kebanyakan peralatan elektronik menggunakan sebuah alat bantu tambahan untuk menyimpan data-data. Yang mana alat bantu tersebut biasa disebut dengan memori. Memori ini sendiri banyak jenis nya, khusus kali ini Saya hanya akan membahas jenis memori Micro SD.

Memori jenis Micro SD ini biasa digunakan pada ponsel smartphone, selain bentuknya yang sangat kecil, akan tetapi memiliki kemampuan menyimpan data yang sangat banyak. Nah, kali ini Saya ingin mengulas mengenai "class" pada memory card atau Micro SD.

Apakah Anda pernah akan membeli sebuah memory card, dimana pihak penjual menawarkan beberapa pilihan, seperti merek, kapasitas, serta kelas kecepatan atau "speed class" (yang mana semua faktor tersebut berpengaruh terhadap harga nya). Dimana khusus untuk yang terakhir, akan Saya bahas pada kesempatan kali ini.

Setiap proses yang berhubungan dengan memori card, seperti pada saat Kita mengambil foto, lalu file foto tersebut disimpan "ditulis" pada memori card yang ada di ponsel. Pada saat Kita akan melihat file gambar tersebut, maka terjadi proses "membaca". Nah, kemampuan (kecepatan) proses menulis serta membaca dari memori card tersebut lah yang dinamakan dengan "class".

Sebagai contoh, sebuah memori card dengan class 10, maka artinya memori card tersebut memiliki standar minimal dalam hal proses membaca serta menulis dengan kecepatan 10 mb/detik.

Nah, kenapa koq speed class ini menjadi faktor yang penting, ya, dengan semakin berkembangnya kemampuan ponsel saat ini, sebagai contoh dalam hal mengambil foto, ponsel saat ini paling tidak hasil foto berupa file dapat mencapai 4mb. Jikalau memori card Anda memiliki class yang rendah semisal class 2, maka dapat dipastikan akan terasa lambat dalam setiap proses nya. Sebaiknya paling tidak pakai yang class 4 atau 6, bagus lagi pakai yang class 10.

Sama seperti proses foto, jikalau Anda seorang gamer lewat smartphone, yang mana game tersebut rata-rata "memakan" memori yang tidak sedikit, maka ada baiknya Anda menggunakan memori card dengan class minimal 10, agar game tersebut terasa lancar.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar