Selasa, 04 Agustus 2015

Moto G (2015) Generasi Ketiga (3rd Generation) Siap Masuk Indonesia

Gambar Smartphone Motorola Moto G 2015 (Gen 3).

Akhirnya setelah rehat posting artikel selama hampir setengah tahun, dikarenakan kesibukan di dunia nyata, maka mau tidak mau, kali ini Saya "terpaksa" menulis lagi, dikarenakan rasa ingin berbagi pada pengunjung setia blog Saya ini.

Ya, kali ini Saya ingin berbagi mengenai smartphone yang "valuable" menurut pemikiran Saya, yang berarti memiliki harga yang murah dibandingkan kualitas yang didapat.

Ada sebuah smartphone yang baru saja diperkenalkan pada tanggal 28 Juli 2015, sekitar pukul 21.00 bbwi di beberapa negara secara bersamaan. Ya, smartphone tersebut bernama Moto G, buatan sebuah perusahaan bernama Motorola, yang mana baru saja dibeli oleh Lenovo, sekedar info, ini adalah generasi ketiga dari Moto G itu sendiri, yang mana generasi pertama diluncurkan pada tahun 2013 (yang menjadikan smartphone terlaris pada waktu itu), selanjutnya generasi kedua diluncurkan pada tahun 2014, yang mana penjualan nya tidak "sekencang" generasi pertama (dikarenakan peningkatan performa secara keseluruhan serta promo nya kurang signifikan).

Untuk yang generasi ketiga ini Saya rasa lain dengan yang generasi kedua, secara model peluncuran saja sudah tidaklah umum, dimana ini untuk pertama kali nya di dunia sebuah smartphone diluncurkan pada tiga negara (new york, london, sao paolo) secara bersamaan, selain itu dalam segi performa secara keseluruhan, ada banyak peningkatan disana-sini, yang akan Saya bahas pada paragraf berikutnya.

Moto G memiliki ciri khas, selalu menawarkan harga 1/3 dari kualitas yang dipunya, maka berani Saya simpulkan bahwa ini adalah sebuah smartphone murah dengan kualitas yang tidak murahan.

Kebanyakan smartphone yang memiliki harga sekitar 2-3 jt an biasanya memiliki komponen yang sederhana serta pada saat browsing sangat lambat membuat menderita karena nya. Dan dikarenakan oleh teknologi yang biasa saja, maka biasanya tidak mendapatkan upgrade versi dari Android dari pabrikan.

Kebanyakan pabrikan terlihat hanya memikirkan bahwa harga murah selalu berhubungan dengan kualitas yang buruk dan desain yang membosankan.

Pada akhirnya, ada satu pemain yang mana secara konstan mematahkan tradisi ini dan merilis yang sebenarnya berupa smartphone murah yang smart.

Bentuk dasar dari Moto G biasanya tidaklah jauh dari simpel, bersih, dan melengkung. Layar nya yang berukuran 5 inci, dibalut oleh bahan plastik dengan efek metal. Dan akhirnya seperti hal nya produk Motorola yang lain, juga ada program Moto Maker (pemilik bisa memilih sesuka nya bentuk dari pelapis luar Moto G) bagi pemesan Moto G, khususnya di Amerika Serikat. Bagian belakang nya yang melengkung, sangat nyaman dirasakan oleh tangan waktu memegang nya. Serta adanya lapisan luar yang bertekstur, menjadi ciri khas produk Motorola di tahun 2015 ini. Maka dengan semua tampilan luar tersebut, maka Moto G ini terlihat sekilas seperti smartphone yang mahal.

Bagian terpenting dari Moto G adalah layar nya. Dengan menggunakan LCD 720p, memang bukan yang terbaik dibandingkan smartphone yang ada dipasaran, akan tetapi jika melihat harga yang harus dibayar, ini adalah yang terbaik. Selain itu, dalam kondisi dibawah terik sinar matahari, layar nya cukup terang, dengan kombinasi warna yang pas. Dan juga dilindungi oleh Corning's Gorilla Glass 3, yang menjamin tahan lama.

Di bagian dalam nya, Moto G terbaru ini, telah menerima beberapa peningkatan dibandingkan versi terdahulu. CPU nya sekarang telah mendukung 64-bit dengan prosesor Snapdragon 410, ber-inti-kan 4 inti Cortex A53 dengan kecepatan 1,4GHz. Dan memberikan opsi versi internal memori 16GB dengan RAM 2GB (selain versi 8GB plus RAM 1GB), yang dapat mendukung memori eksternal menggunakan microSD.

Sisi positif dari Moto G yang tetap dipertahankan adalah bagian software nya, dimana menggunakan "pure" Android (versi default atau murni), dengan menghilangkan bloatware (software bawaan), sehingga Moto G akan berjalan sangat mulus.

Meski dikatakan "pure", akan tetapi Anda masih mendapatkan sedikit bonus aplikasi dari Motorola, seperti Moto Display (akan memberikan notifikasi pada saat posisi layar terkunci, yang membolehkan Anda menyapu layar agar tahu apa yang sedang terjadi), Moto Actions (membuka kamera dengan gerakan membolak-balik Moto G, juga membuka senter lewat gerakan memotong dalam karate), Moto Assist (dapat merubah setting secara otomatis berdasarkan lokasi).

Untuk sisi kamera, disematkan 13-megapixel untuk kamera belakang dengan sensor seperti milik Google Nexus 6 (Sony IMX214), meskipun tanpa optical image stabilization. Hasil foto yang dihasilkan, sungguh bagus, Saya jamin Anda tidak akan mampu menemukan hasil foto yang lebih bagus untuk harga selevel Moto G. Serta disematkan pula 5-megapixel pada kamera bagian depan untuk ber-selfie ria.

Dengan kombinasi kapasitas baterai sebesar 2.470mAh, konektivitas yang telah support 4G LTE, serta telah mendapatkan sertifikat IPX7 water resistance (tahan air selama 30 menit dengan kedalaman air 1 meter), sungguh sulit untuk mencari produk pesaing yang bisa menyaingi nya.

Spesifikasi dari Moto G 2015 (Generasi ketiga):

* Sertifikat IPX7 (tahan di kedalaman air 1 meter selam 30 menit).

* Kamera belakang 13 MP:
f/2.0
Field of view (FOV) 76 degrees
CCT dual-LED flash
Auto focus
Quick Capture (twist wrist to launch camera)
Tap anywhere to capture
4X digital zoom (drag to zoom in/out)
Slow motion video
Burst mode
Auto HDR
Panorama
Video iHDR
Manual focus and exposure controls
Timer
Active viewfinder (recognizes QR codes and barcodes)

* Kamera depan 5 MP:
f/2.2
Field of view (FOV) 72 degrees
Display flash
Fixed focus
Tap anywhere to capture
4X digital zoom
Slow motion video
Burst mode
Auto HDR
Tap to focus
Quick Capture

* Dengan dual LED flash yang berkemampuan menyeimbangkan warna yang dihasilkan.

* Dengan layar sebesar 5 inci dengan tampilan 720p HD (1280 x 720).

* Kualitas tampilan yang bagus serta dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass.

* Dapat ditambahkan memori eksternal berupa kartu MicroSD hingga 32 GB.

* Dengan kapasitas baterai 2.470 mAh, dijamin seharian dipakai dengan berbagai aplikasi akan tahan.

* Dengan kemampuan menerima 4G LTE.

* Memiliki sistem operasi Lollipop 5.1.1.

* Dengan prosesor Qualcomm® SnapdragonTM 410 (MSM8916) 1.4 GHz quad-core CPU, Adreno 306 dengan 400 MHz GPU
Storage** dan memory (RAM).

* Dengan diberikan opsi memori internal sebesar 8 GB + 1 GB RAM atau dengan memori internal sebesar 16 GB storage + 2 GB RAM, kedua nya bisa ditambahkan memori MicroSD yang bisa dilepas pasang yang mendukung hingga 32 GB (yang dijual secara terpisah).

* Dimensi produk (tebal: 6,1-11,6mm & lebar: 72,4mm & panjang: 142,1mm).

* Dengan berat: 155 gram.

* Dengan konektivitas Micro USB, 3.5mm jack audio.

* Bluetooth® Technology dengan versi 4.0 LE.

* Konektivitas lewat Wi-Fi 802.11 b/g/n (2.4 GHz).

* Speaker: loudspeaker, mendukung 2-mic.

* Kemampuan menangkap video 1080p HD video, 30 fps (MPEG4, H.264).

* Dengan berbagai sensor, seperti: Akselerometer (2), Ambient Light Sensor, Proximity, Sensor Hub.

* Warna casing dasar: hitam dan putih.

* Motorola Shells (dijual terpisah): Black, Navy, Cabernet, Golden Yellow, Lime, Cherry, Blue, Turqouise, Raspberry, Chalk.


* Motorola Flip Shells (dijula terpisah): Turquoise with Dark Teal, Blue with Navy, Raspberry with Cabernet, Crimson with Cherry, Licorice with Charcoal.

Demikianlah penjabaran dari Saya, o ya, sekedar info, jikalau sudah masuk ke Indonesia (di India sudah beredar), maka harga Moto G dengan versi memori internal 16 GB dengan RAM 2 GB, kemungkinan akan dijual dengan harga Rp.2,7 juta-an. Maka secara otomatis akan berhadapan langsung dengan smartphone yang "valuable" menurut versi Saya, yakni Xiaomi Mi4i.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar