Sabtu, 31 Januari 2015

20 Aplikasi Android Harus dan Wajib di Tahun 2015

Gambar aplikasi di Android.

Jika Anda sebagai pengguna Android yang baru saja merasakan smartphone Anda, dapat dipastikan Anda pertama kali akan kebingungan dalam memilih serta mencari aplikasi apa saja yang wajib serta seharusnya terpasang dalam smartphone Anda yang baru. Selain pengguna baru, pengguna lama yang masih awam dengan berbagai macam aplikasi Android, maka artikel yang akan Saya sajikan kali ini dapat dijadikan alternatif serta panduan dalam mengisi ruang smartphone Anda, agar dapat jauh lebih bermanfaat dari pada sebelumnya.

Artikel ini merupakan yang kedua tentang aplikasi wajib di Android, yang mana ada artikel terdahulu pada tahun 2014, yang mendapatkan sambutan sangat baik dari pembaca setia blog Saya ini.

Baiklah, langsung saja akan Saya sajikan 20 aplikasi Android yang Saya rasa selama ini penting untuk Anda pasang atau install lewat playstore. Dengan penjelasan poin per poin secara ringkas tapi mencakup inti nya.

1. AIMP - Artem Izmaylov
Aplikasi pemutar lagu ini wajib hukumnya untuk Anda pasang di smartphone Android Anda, karena menurut pengalaman Saya menggunakan berbagai macam aplikasi pemutar musik, hanya AIMP inilah yang menjadi juara nya untuk yang gratisan. Jikalau Anda menginginkan yang sempurna, maka Saya sarankan aplikasi berbayar yakni PowerAMP.

2. App Backup & Restore - INFOLIFE LLG
Aplikasi yang satu ini merupakan urutan pertama untuk Anda sematkan di dalam smartphone Android Anda, karena dengan adanya aplikasi ini, maka seluruh aplikasi yang telah terinstall dapat Anda dapatkan file dasar nya yang berekstensi .apk. Maka jika suatu saat kelak ada aplikasi yang tidak sengaja teruninstall, maka Anda tidak perlu repot-repot mendownload ulang, Anda cukup restore saja langsung terpasang.

3. APUS Launcher - Apus Group
Aplikasi ini juga sangat penting, karena dengan Anda mengganti launcher lama Anda dengan yang ini, Anda langsung dapat merasakan banyak manfaat, seperti baterai lebih awet, kinerja meningkat, pengaturan sangat sederhana, serta perpindahan antar layar terasa jauh lebih mulus, dll.

4. BBM - BlackBerry Limited
Aplikasi yang satu ini merupakan juara nya kalau di Indonesia, merupakan sebuah aplikasi chat yang sangat dikenal serta digandrungi seluruh masyarakat. Dengan notifikasi "PING" nya serta update status, menjadikannya disukai oleh banyak orang.

5. Business Calendar Pro - Appgenix Software
Dengan aplikasi kalender bawaan dari Google yang sangat sederhana serta tampilan yang kurang menarik, maka dengan aplikasi yang satu ini diharapkan dapat melengkapinya menjadi lebih komplit serta menarik, sehingga fitur-fitur yang sebenarnya bagus menjadi bermanfaat.

6. CM Security - Cheetah Mobile
Aplikasi ini merupakan antivirus khusus untuk sistem operasi Android, dimana memiliki kelebihan sebagai juara pertama av-test, juga proses scan nya cepat, juga jika ada aplikasi baru akan terpasang pada smartphone, maka aplikasi tersebut akan di scan terlebih dahulu oleh CM Security ini.

7. Device Manager - Google Inc
Aplikasi ini baru berguna jikalau smartphone Android Anda hilang dicuri orang yang tidak bertanggung jawab, dimana dengan Anda menyematkan aplikasi ini ke smartphone Anda, maka Anda dengan mudah mencari lokasi nya, mengunci, serta menghapus data yang ada di dalam smartphone Anda.

8. Docs To Go - DataViz, inc
Aplikasi ini bagaikan versi mobile dari microsoft office yang ada di komputer dengan sistem operasi windows. Aplikasi ini dapat Saya simpulkan merupakan yang terbaik diantara para pesaing nya. Yang mana tampilan pesaing nya terlihat sangat tidak sealami versi microsoft office nya, sedangkan Docs To Go ini dapat menampilkan data tulisan yang ada dengan sempurna, juga di dalam mengedit juga baik dan stabil dalam pengoperasiannya.

9. Dropbox - Dropbox, Inc
Aplikasi ini merupakan jawaban untuk solusi backup file atau dokumen penting Anda, dimana dengan bantuan aplikasi ini, maka Anda dapat menyimpan data Anda ke dalam cloud storage atau komputasi awan, dimana data Anda disimpan di dalam server milik dropbox itu sendiri. Maka dengan adanya sistem seperti itu, maka dimanapun Anda berada, dengan syarat ada koneksi ke internet, maka Anda dapat mengunduh file tersebut dengan mudah. Oya, aplikasi ini pada awal pendaftaran langsung menyediakan sejumlah kapasitas penyimpanan secara gratis.

10. ES File Explorer - ES APP Group
Sebuah file manager yang bermutu sangatlah dibutuhkan pada penggunaan smartphone, tujuan utama nya adalah proses pengaturan file di dalam memori. Aplikasi file manager yang Saya rasa adalah yang terbaik saat ini adalah ES File Explorer. Disamping tampilan yang dapat diatur sesuai kemauan Kita, juga terdapat berbagai macam opsi, seperti copy, paste, cut, zip, dll. Dengan Anda memasang aplikasi ini, maka pada saat Anda memperoleh suatu file dalam format kompres (.rar), maka akan dengan sangat mudah untuk mengekstraknya secara sempurna.

11. Evernote - Evernote Corporation
Untuk membantu pencatatan Anda secara teratur, Anda wajib memasang aplikasi evernote ini. Aplikasi ini tersedia secara gratis dengan memberikan beberapa mega byte secara cuma-cuma di awal Anda pertama kali daftar. Jika Anda ingin tambahan kapasitas penyimpanan, Anda dapat daftar secara berlangganan untuk menjadi anggota premium. Aplikasi ini sangat menarik dari awal keluar perdana nya. Hingga saat ini telah memberikan update serta perbaikan disana-sini dengan berbagai fitur serta tampilan yang lebih fresh. Aplikasi ini dapat Anda pakai untuk menunjang aplikasi edit dokumen yang lainnya. Kelebihan utamanya yakni kemampuan pencarian kata sangatlah cepat dan akurat. Serta proses baca tidak harus dalam kondisi terhubung ke internet, dengan offline pun bisa.

12. Messenger - Google Inc
Aplikasi ini termasuk baru ada, munculnya dimulai berbarengan dengan peluncuran sistem operasi Android 5.0 terbaru, yakni lolipop. Tujuan Google adalah dengan menggabungkan antara sms standar dicampur dengan Google Hangout. Dengan Anda memakai aplikasi ini, Anda akan mendapatkan tampilan sms yang berwarna-warni pada setiap kontak Anda, seperti ciri khas tampilan dari Android lolipop. Selain itu, fitur search serta membuat sms baru sungguh memudahkan Kita, agar tidak belama-lama mengeklik layar. Cuma ada yang agak mengganggu, dimana tombol enter Anda akan hilang jika memakai aplikasi ini (seperti BBM), nah untuk menyiasatinya, Anda bisa memakai aplikasi tambahan SwiftKey Keyboard, dimana dengan aplikasi ini, tombol enter Anda akan dapat tampak kembali.

13. MX Player Pro - J2 Interactive
Ini merupakan pemutar video wajib untuk smartphone Anda, banyak kelebihannya, dari adanya pilihan tampilan layar, lock screen, dll.

14. My Backup Pro - Rerware, LLC
Aplikasi ini adalah untuk membackup data Anda secara offline pada hardware seperti smartphone Anda atau dapat Anda pindahkan file hasil backup ke PC. Aplikasi ini mampu membackup file dengan baik, seperti: kontak, sms, kalender, dll. Dengan kemampuan untuk merestore kembali dengan sempurna.

15. Screen Off and Lock Donate - Katecca
Apakah Anda pernah ada kekhawatiran tentang rusak nya tombol power karena terlalu sering dipencet untuk memadamkan serta menyalakan layar smartphone Anda? Memang sebaiknya Anda bantu merawat tombol power Anda dengan aplikasi ini. Setidaknya Anda dapat mengurangi sekitar separuh pemakaian, karena dengan aplikasi ini, terutama pada saat proses pemadaman layar dapat terbantu dengan aplikasi ini. Ada beberapa pilihan tombol, Anda bisa menaruh ikon secara floating (melayang), atau Anda taruh di home screen atau bisa juga Anda letakkan di notification, dan yang terakhir yang Saya suka, dapat diletakkan di tombol home, dengan jalan, jika yang biasanya Anda tarik tombol home keatas Anda akan masuk ke google now, maka Anda dapat alihkan ke aplikasi ini.

16. Shazam - Shazam Entertainment Limited
Aplikasi ini Saya rasa yang terbaik dikelasnya, dengan kemampuan mengenali track lagu serta mencari link yang mendekati sempurna. Hanya dengan secuil potongan lagu, maka Anda akan langsung dapat mengetahui apa judul serta penyanyi juga album apa. Dibandingkan aplikasi lain seperti soundhound atau track id, shazam jauh unggul diatasnya.

17. Smart App Protector - SpSoft
Aplikasi ini berguna untuk memberikan password bagi aplikasi-aplikasi penting Anda, dengan memberikan beberapa pilihan kunci, dari password angka, huruf, juga goresan.

18. SwiftKey Keyboard - SwiftKey
Kelihatannya keyboard bawaan dari Android masih perlu banyak perbaikan, meski sudah dapat update Lollipop 5.0.2, tetapi Saya pribadi rasa dengan aplikasi SwiftKey Keyboard ini jauh lebih cepat dalam mengetik. Juga tampilannya bisa diatur besar kecil nya. Banyak tema yang dapat Anda download, juga Anda akan dapat melakukan enter pada saat menggunakan BBM, yang mana tidak Anda dapatkan pada keyboard bawaan Android. Oya, banyak emoticon yang unik juga.

19. Tubemate - Tubemate
Begitu pentingnya aplikasi satu ini, maka banyak kalangan yang mencari-cari nya di playstore, akan tetapi hasil nya nihil. Karena memang aplikasi tubemate ini hanya tersedia secara resmi di website nya sendiri. Dengan kelebihan, dapat memutar video streaming layaknya Anda menggunakan Youtube, juga yang utama adalah Anda diberi pilihan untuk mendownload video yang Anda sukai, dengan beberapa tipe file serta resolusi nya. Dari format mp3, 3gp, mp4, dan HD.

20. WhatsApp - WhatsApp Inc
Aplikasi online messenger ini merupakan yang terbesar dalam hal pengguna, dengan kemudahan nya dapat dipasang pada berbagai macam sistem operasi smartphone maupun feature phone. Dari windows phone, Blackberry, Android, IOS, hingga symbian. Kesederhanaan serta bebas dari iklan adalah kelebihannya.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar