Minggu, 06 Juli 2014

Anti Virus Android Gratis Terbaik 2014

Gambar ilustrasi virus pada Android.

Dengan semakin terkenal dan terbuka nya sistem operasi Google Android, maka semakin banyak pula pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab untuk menyebarkan virus atau malware atau adware agar dapat memasuki celah keamanan dari Android. Menurut penemuan dari laboratorium pengujian aplikasi antivirus ternama yakni AV-Test, ada setidaknya 1,8 juta macam malware yang ada di dalam pusat data-nya, secara umum malware tersebut melakukan tindakan pencurian data pribadi, tanpa sepengetahuan Anda.


Sebelumnya, meskipun Anda telah berhati-hati pada saat menginstall ataupun mengunjungi sebuah website, disana ada motivasi yang besar untuk menginstall sebuah aplikasi pengamanan. Aplikasi pengamanan ini biasanya menyediakan fitur anti-theft (anti maling), sebagai contohnya. Tidak seperti namanya, sebenarnya itu bukanlah aplikasi untuk menghindari ponsel Anda diambil oleh maling, akan tetapi aplikasi ini memberikan Anda kesempatan untuk melakukan penguncian atau penghapusan data pada ponsel Anda yang hilang. Terkadang ada juga fitur yang mampu untuk mengambil foto atau merekam suara dari Si Pencuri ponsel Anda. Selain itu, biasanya juga mampu menentukan lokasi dari ponsel Anda tersebut, serta mampu memberikan notifikasi dengan keterangan kata-kata yang telah Anda susun sebelumnya (agar Si Pencuri mau segera mengembalikannya kepada Anda).

Adapun beberapa fitur menarik yang dapat Anda temukan di aplikasi pengamanan Android adalah call blocking. Jika ponsel Anda pada saat belum hilang, dan Anda merasa terganggu oleh seseorang yang menggunakan sebuah nomor ponsel untuk menelpon Anda secara terus menerus tiap saat pada waktu yang tidak Anda inginkan, maka Anda dapat melakukan block pada nomor ponsel tersebut. Selain itu, ada juga yang menyediakan pilihan untuk memberikan password pada browser atau Google Play Store, ini cocok dipakai oleh orang tua yang biasa memberikan ponsel nya pada anak-anak Mereka, sehingga menghindari untuk disalah-gunakan dengan membeli sesuatu yang seharusnya tidak Mereka lakukan.

Maka dengan berdasarkan hasil uji laboratorium dari ahli penanganan malware yakni AV-Test serta dengan pertimbangan pengalaman Saya sendiri dalam penggunannya, maka Saya dapat temukan enam aplikasi antivirus gratis untuk Android yang terbaik dibandingkan dengan yang lainnya, dengan susunan peringkat sebagai berikut (Saya urutkan dari yang paling lemah hingga yang terbaik):

6. Trend Micro Mobile Security
Trend Micro sudah lama terkenal di dunia keamanan bisnis, maka cukup mengecewakan melihat penurun performa nya di dalam sistem operasi Android.

Mari Kita mulai dengan kelebihannya terlebih dahulu. Dengan tingkat keberhasilan mendeteksi aplikasi yang mencurigakan dalam uji yang diadakan oleh AV-TEST sudah selayaknya patut mendapatkan apresiasi. Akan tetapi permasalahannya, anti virus ini tidak dapat melakukan scan secara proaktif dan memblok virus, akan tetapi jika Kita melakukan scan yang menyeluruh, maka barulah virus tersebut terdeteksi baru langsung dilakukan karantina.

Trend Micro Mobile Security memiliki fitur anti-theft, jika dibandingkan dengan anti virus yang lain sungguh tidak sebanding, karena hanya dapat diaktifkan lewat web. Selain itu tidak punya aplikasi pengontrol SMS, seperti yang dimiliki oleh para pesaingnya. Hanya tersedia 4 pilihan, yakni: locate, lock, scream alarm, dan wipe.

Trend Micro Mobile Security memiliki fitur parental controls terbaik jika dibandingkan dengan yang lain. Tapi, meskipun dikatakan yang terbaik, tetap saja tidak selalu sukses untuk memfilter situs-situs yang tidak seharusnya dapat lolos. Demikian juga dengan kemampuan untuk memblok panggilan masuk serta SMS, ada beberapa opsi yang dapat Anda pilih.

5. Norton Mobile Security 2014
Norton merupakan salah satu anti virus yang memiliki nama besar di dalam bisnis keamanan, dan seperti pengalamannya selama ini, maka hasil AV-TEST sebanyak 100% dapat membuktikan hal tersebut. Norton juga akan melakukan scan pada saat Anda sedang membuka web browser untuk mencegah aktifitas yang mencurigakan.

Norton tidak menyediakan banyak fitur anti theft dan disana banyak diketemukannya lubang celah keamanan yang patut untuk diperhatikan. Pengaturan penghapusan data jika ponsel hilang dapat diaktifkan lewat SMS atau melalui Norton’s web console. Norton tidak memiliki opsi untuk melakukan factory reset pada ponsel Anda, akan tetapi masih bisa melakukan penghapusan data kontak, file, serta data pribadi yang lainnya. Sepanjang akun Gmail serta Play Store Anda dapat diakses oleh Si Pencuri ponsel Anda, maka hal tersebut masih membahayakan data-data yang ada di ponsel Anda.

Untuk urusan mengunci ponsel, kemampuan dari Norton lebih efektif. Kelebihan lainnya adalah pada fitur penguncian ini tidak menyertakan opsi untuk melakukan pemadaman suara yang berbunyi waktu Kita aktifkan penguncian ini, sehingga bagi Si Pencuri akan kebingungan karena ponsel yang dicurinya berbunyi terus menerus tanpa bisa dipadamkan bunyinya.  Anda juga diberi kemampuan untuk menulis beberapa kata pada layar utama ponsel yang telah ada di tangan Si Pencuri, seperti kata-kata: “Jika Anda mau mengembalikan ponsel ini akan mendapatkan imbalan sejumlah...”, dengan adanya hal ini merupakan sebuah pendekatan yang menarik.

Fitur pencarian lokasi nya, pada saat ponsel yang telah dicuri memakai Wi-Fi dapat menemukan lokasi secara cukup tepat, akan tetapi jika hanya menggunakan jaringan 3G, keakuratan lokasi menjadi jauh dari kata sempurna. Sedangkan untuk fitur pengambilan foto Si Pencuri secara diam-diam, pada saat ponsel belum dilakukan lock jarak jauh, fitur tersebut belum dapat berfungsi, hingga Anda mengaktifkan fitur lock baru bisa berjalan dengan cukup baik.

Pemblokiran telpon beserta SMS dapat berfungsi dengan cukup baik, akan tetapi jika Anda ingin melakukan divert atau pengoperan telpon Anda ke orang lain, sayangnya belum dapat dilakukan.

4. Ikarus Mobile Security
Ikarus bukan termasuk anti virus yang terbaik yang pernah Kita kenal sebelumnya, akan tetapi dalam dunia Android, Dia memiliki kemampuan yang termasuk lumayan, dimana pada proses uji AV-TEST, Dia berhasil menetralkan kembali semua file yang mencurigakan.

Ikarus bekerja secara diam-diam pada ponsel Android Anda, ketika Anda menyelesaikan proses download lewat Play Store, maka akan ada notifikasi bahwa file yang telah Anda download tersebut telah aman dari program berbahaya.

Aplikasi anti virus ini sedikit menghabiskan sumber daya baterai Anda, meskipun fitur nya lebih sedikit jika dibandingkan milik Avast. Virus definition dapat dilakukan update dua kali sehari untuk memastikan ponsel Anda terlindungi dengan baik

Setting awal sangat cepat, hanya menampilkan tiga layar utama, Anda sudah bisa melakukan blacklist, menscan website, juga melakukan remote.

Anda dapat melakukan proses pengiriman perintah remote dengan menggunakan SMS lewat ponsel yang lainnya. Ponsel akan seger berdering setelah dilakukan proses lock.

Fitur penghapusan data sungguh mudah dilakukan, sekali Anda perintah, maka ponsel akan padam secara langsung, yang dilanjutkan dengan proses factory data reset, yang mana menghapus semua data yang ada di ponsel. Dan karena semua proses dikendalikan lewat SMS, maka kondisi ponsel tidak diharuskan dalam koneksi 3G maupun Wi-Fi.

3. Kaspersky Internet Security
Kaspersky belakangan ini telah menggabungkan anti virus untuk tablet dengan ponsel Android. Kelebihannya adalah Anda dapat mengetahui berapa persen scan telah berjalan, serta tampilannya sangat mudah untuk dipelajari.

Secara default, aplikasi yang mencurigakan akan ditampilkan dengan gamblang, sedangkan untuk browser, Anda diharuskan untuk membayar terlebih dahulu, agar dapat beralih ke versi extended. Sekali aktif, Kaspersky akan langsung bekerja menjaga ponsel Anda.

Fitur anti theft dari Kaspersky Internet Security bekerja dengan baik. Perintah text dapat Anda kirimkan lewat jalur SMS maupun Kaspersky's well-designed web console. Pencarian lokasi dapat dilakukan lewat jalur Wi-Fi and 3G, serta Anda dapat menampilkan pesan di layar ponsel Anda yang hilang.

Opsi untuk mengambil gambar berjalan dengan baik, ketika Si Pencuri menggunakan ponsel Anda, dengan mengirimkan lima hasil foto secara otomatis. Untuk fitur penghapusan data, akan ada dua pilihan, yaitu menghapus sebagian data atau melakukan proses factory reset pda ponsel, hal ini selangkah lebih maju dibandingkan dengan milik Norton. Satu-satu nya yang mengecewakan adalah alarm nya, dimana hanya berdering sejenak serta tidak terlalu keras.

Fitur block panggilan masuk adalah sederhana. Juga ada Privacy Protection, dimana Anda dapat memberikan password pada kontak agar detail nya dapat terjaga dari orang yang tidak berkepentingan.

2. Avast Mobile Security & Anti-Virus
Avast Mobile Security & Anti-Virus menawarkan keamanan serta fitur backup absolut bagi pemilik ponsel maupun tablet Android, meskipun Anda harus terlebih dahulu membayar nya, jika Anda tidak ingin hanya mendapatkan fitur scan anti virus saja.

Fitur anti-theft, dimana terinstall secara terpisah, adalah merupakan sebuah aplikasi yang dapat dilihat oleh Si Pencuri, akan tetapi tidak dapat dihapus. Dengan menggunakan web console maupun SMS dari ponsel lainnya, Anda dapat menangkap Si Pencuri dengan menggunakan alat bantu kamera depan dari ponsel, atau juga bisa lewat rekaman suara secara sembunyi-sembunyi, dimana hasil kedua nya dapat Anda download lewat Komputer. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menampilkan pesan text dihalaman utama ponsel, juga ada fitur alarm, dimana sekali berbunyi, maka akan tidak bisa untuk berhenti.

Ponsel ini pada saat ada hilangnya, Anda tidak usah terlalu khawatir, meskipun ponsel dalam keadaan terkuci, Anda tetap bisa mencari lokasi di peta.

AvastCall blocking berjalan sempurna, selain itu fitur Mobile Backup (dapat di download gratis untuk pemakai premium), dapat menyelaraskan file foto, musik, video, dan file aplikasi ke dalam akun Google Drive.

1. Qihoo 360 Mobile Security
360 Mobile Security merupakan satu-satu nya aplikasi anti virus yang total tanpa biaya alias gratis. Aplikasi ini dibuat oleh sebuah perusahaan dari Tiongkok yakni Qihoo.

Berdasarkan AV-TEST, 360 Mobile Security hampir sempurna mendeteksi aplikasi yang mencurigakan senilai 99,9%. Ada yang bagus, yakni setiap kali Anda sehabis menginstall sebuah aplikasi, maka akan ada notifikasi bahwa aplikasi tersebut aman atau tidak.

Langkah cerdas nya yakni, dengan memberikan aplikasi untuk optimasi dan pembersih ke dalam satu paket aplikasi agar ponsel Anda aman sekaligus cepat kerjanya.

Ada juga tambahan pada notifikasi sebaris tomol untuk lampu senter, pembersih memori, dll. Fitur lain yang kurang umum, yakni tampilan pemakaian data internet, agar Anda tidak melebihi paket internet yang telah Anda beli.

Fitur call blocking merupakan yang terbaik jika dibandingkan dengan para pesaingnya, dengan opsi blacklist dan whitelist callers. Fitur anti-theft nya dapat berguna untuk mencari tahu lokasi persis dari ponsel, juga dapat mengunci serta menghapus data ponsel secara jarak jauh.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

1 komentar: