Selasa, 29 Juli 2014

Cara Terbaik Membackup User Dictionary Ponsel Android

Gambar user dictionary pada ponsel Android.

Apa itu User dictionary pada ponsel Android? Bagi Anda pengguna ponsel Android yang baru pertama kali dengar, mungkin Anda tidak sadar bahwa Anda pasti mengisi suatu kamus atau dictionary pada ponsel Android yang Anda pakai, koq bisa? Ya, tiap kali Anda menggunakan keyboard dari ponsel Anda, pasti kata-kata yang Anda ketik akan secara otomatis disimpan ke dalam ponsel Android Anda, yang mana dengan metode ini, ponsel Android Anda dapat dengan cepat mempelajari kata-kata apa saja yang biasa dan paling sering Anda gunakan, sehingga tiap kali Anda akan mengetik sebuah kalimat, maka akan disajikan untuk Anda kemungkinan kata-kata yang berada diatas keyboard yang kemungkinan besar akan Anda gunakan.


Nah, karena begitu pentingnya kumpulan kata-kata ini untuk dapat mengetik dengan cepat, maka jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara menyimpannya secara berkelanjutan, meskipun ponsel Anda lakukan factory reset maupun Anda berganti dengan ponsel Android yang baru, maka akan cukup menjengkelkan buat Anda karena Anda harus mengulangi dari awal input kata per kata.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi untuk membackup kata-kata dari kamus tersebut, tapi metode ini Saya rasa kurang simple dan terkadang tidak berhasil dilakukan restore untuk beberapa type ponsel Android tertentu. Maka berikut akan Saya jelaskan tahap demi tahap yang Anda harus lakukan agar dapat melakukan backup lewat sinkronisasi secara otomatis dengan akun Google yang telah Anda miliki sebelumnya:

1. Pertama-tama Anda lakukan sign in akun Google Anda lewat alamat ini: https://www.google.com/settings/account?ref=home

2. Setelah berhasil, Anda akan menemukan tampilan beberapa tab: personal info, Security, Language, Data tools, Account history, dan Help.

3. Kemudian Pilihlah tab Language, maka akan tampak disebelah kiri (kolom Language), serta di sebelah kanan (kolom Input Tools).

4. Lalu pilihlah opsi enabled yang ada di kolom (Input Tools) tersebut.

5. Maka akan terbuka opsi (Select languages), pilihlah bahasa yang sesuai dengan setting bahasa yang digunakan pada keybord Ponsel Android Anda.

6. Lalu beri tanda centang pada opsi Keyboard (Africa Latin), juga pada opsi (Show keyboard).

7. Lalu kliklah Done.

8. Kemudian sign out lah seperti biasa, selesai.

Maka mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir apabila ingin melakukan factory rest pada ponsel Android Anda maupun jikalau Anda mengganti ponsel Android lama Anda dengan ponsel Android yang baru, sepanjang menggunakan akun Google yang sama, maka akan secara otomatis kamus atau dictionary dari kata-kata yang biasa Anda pakai yang telah tersimpan sebelumnya akan otomatis tersinkronisasikan.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar