Sabtu, 07 Juni 2014

Pada Akhirnya Smartphone Android Moto G Hadir Resmi di Indonesia

Gambar smartphone android Moto G.

Pada akhirnya, ponsel yang sangat Saya dan juga sebagian besar penggemar smartphone tunggu-tunggu, yaitu hasil dari “perkawinan” antara Google dengan Motorola, yang diberi nama Moto G. Ya, benar, akhirnya Moto G hadir resmi di Indonesia dan dijual secara eksklusif hanya di salah satu online shop yang cukup terkenal di Indonesia maupun Asia Tenggara, dibuka opsi untuk pre-order mulai tanggal 5 juni 2014 pukul 00.00 BBWI. Setelah ditunggu sejak akhir Februari 2014 sesuai apa yang telah dijanjikan oleh pihak Motorola sebelumnya.
Selain hanya memberikan opsi Dual SIM, ada dua opsi produk yang disediakan jika Anda ingin memesannya, yaitu produk dengan memori internal sebesar 8 GB atau 16 GB. Dimana untuk yang 8 GB, dengan harga Rp.1.949.000,-, akan dilakukan periode pre-order mulai dari tanggal 5-8 Juni 2014, serta akan dilakukan pengiriman barang secara gratis mulai tanggal 10 Juni 2014. Sedangkan untuk yang 16 GB, dengan harga Rp.2.249.000,-, akan dilakukan periode pre-order mulai dari tanggal 5-25 Juni 2014, serta akan dilakukan pengiriman barang secara gratis mulai tanggal 27 Juni 2014.

Artikel terkait:


Anda tidak perlu khawatir tentang layanan purna jual dari ponsel Moto G ini, karena telah disiapkan oleh pihak Motorola Mobility sebanyak 5 call-in dan drop center serta 11 physical service center di Indonesia. Selain itu, di dalam ponsel Moto G akan secara default ada sebuah aplikasi bernama Moto Care, dimana tersedia rangkuman semua pertanyaan yang paling sering dilontarkan (FAQ). Jikalau masalah Anda belum terjawab, disediakan juga halaman berisi daftar dan alamat service center yang dapat Anda kunjungi.

Memiliki tagline “Exceptional Phone, Exceptional Price”, Moto G memang sebuah smartphone yang valuable, dimana kualitas yang diberikan diatas harga yang harus dibayarkan. Dengan spesifikasi hardware maupun software mumpuni, Moto G menawarkan harga yang sangat murah dengan kualitas terbaik saat ini jika dibandingkan kompetitor di kelasnya.

Mengapa Moto G ini bisa semurah dan sebagus itu? Ternyata latar belakangnya cukup panjang, dimana pada awal mulanya, sebelum Google membeli Motorola, Samsung selaku pengguna sistem operasi Android terbesar pada saat itu, makin lama makin menyisihkan aplikasi bawaan dari Google seperti Google Search, Gmail, Chrome, dll dari halaman layar utama ponsel-ponsel yang diproduksinya. Dengan kondisi seperti, maka Google memikirkan cara bagaimana untuk menggertak Samsung, maka diambil lah langkah akuisisi atau pembelian pabrikan ponsel Motorola, sehingga Google tidak hanya bermain sebagai pemasok sistem operasi, melainkan juga hardware ponsel itu sendiri. Singkat cerita, awalnya lahirlah “anak pertama” hasil “perkawinan’ antara Google dengan Motorola, yang dinamai Moto X. Moto X ini dipasarkan dengan sistem kontrak dengan operator di Amerika, tanpa memperbolehkan pemasaran diluar Amerika itu sendiri, sehingga penjualnnya tidak begitu menggembirakan juga kurang menggigit Samsung. Maka lahirlah “anak Kedua” yang diberi nama Moto G. Ponsel ini dijual bebas tanpa terikat sistem kontrak seperti Moto X, juga dijual di luar Amerika itu sendiri. Dengan margin keuntungan yang sangat tipis, karena ditujukan sebagai penggertak Samsung, maka penjualan Moto G sangat laris bak kacang goreng. Pada akhir cerita, pihak Samsung merasa gerah juga melihat tingkah polah si Moto G ini, sehingga diadakan rapat pucuk pimpinan kedua perusahaan tersebut, yang menghasilkan sebuah keputusan: Samsung akan mengembalikan semua aplikasi Google di halaman utama layar ponsel, dan bersamaan dengan itu, Motorola Mobility dijual ke pihak Lenovo.

Berbahan dasar plastik matte, dengan ukuran 129,9x65,9x11,6 mm, berat 143 gram, serta ukuran diagonal layar 4,5 inch (dengan bahan Corning Gorilla Glass 3 plus nano coating luar dalam, tahan debu serta cipratan air), Moto G sungguh sebuah ponsel yang ergonomis, serta pas ukurannya didalam pengoperasiannya, baik dengan menggunakan satu maupun dua tangan. Dari sisi desainnya, Moto G tampil stylish dan berjiwa muda dengan memberikan 7 pilihan warna cover belakang yang dapat diganti-ganti sesuai selera Anda.

Moto G menggunakan prosesor Quad Core dari Qualcomm MSM 8226 Snapdragon 400 sebesar 1,2 Ghz Cortex-A7. Dengan kapasitas baterai sebesar 2070 mAh, diklaim dapat mendampingi Anda seharian. Dikarenakan Moto G merupakan juga produk dari Google, maka sistem operasi nya telah menggunakan Android versi 4.4 KitKat terbaru, dengan performa terbaik dan stabil.

Motorola sesumbar bahwa Moto G ini meskipun dijual dengan harga murah, akan tetapi mampu bersaing dengan ponsel jagoan atau premium dari kompetitior lainnya. Salah satu contoh perbandingannya adalah Samsung Galaxy S4. Motorola Mobility mengklaim Moto G mampu mengalahkan Samsung Galaxy S4 dalam hal: waktu start up, kecepatan membuka browser, kecepatan kembali ke home, serta dalam melakukan panggilan.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar