Rabu, 22 Oktober 2014

Android 5.0 Lollipop: Apa yang Baru dan Kapan Tersedia?

Gambar ikon Android 5.0 Lollipop.

Baru saja Android 5.0 Lollipop diperkenalkan oleh Google, bersamaan dengan diluncurkannya perangkat Nexus 6 (akan beredar sekitar november) serta Nexus 9 (akan beredar 3 november 2014), serta berikutnya akan segera tersedia untuk perangkat Nexus 4, 5, 7, 10, dan ponsel edisi Google Play (seperti HTC one M8 serta Moto G) pada beberapa minggu ke depan di bulan november tahun 2014 ini.

Setelah perangkat-perangkat tersebut, akan segera menyusul, pabrikan ponsel lainnya yang akan mendapatkan nya, seperti Motorola, HTC, Samsung, LG, dan Sony.

Berikut langsung saja akan Saya jabarkan hal-hal terpenting apa saja yang menjadi peningkatan pada versi terbaru ini, yang patut Anda perhatikan.

Hal yang paling membedakan adalah tampilan secara keseluruhan dan rasa dari sistem operasi nya. Google menggunakan apa yang disebut dengan "Material Design", yang mana menjadikan peningkatan animasi serta elemen yang bertingkat-tingkat untuk menyampaikan apa yang perusahaan janjikan yaitu peningkatan intuisi yang lebih dari sebelumnya.

Sekarang ini jika Anda memakai berbagai macam perangkat elektronik berbasiskan sistem operasi Android, seperti ponsel, tablet, jam tangan, TV, sistem audio mobil, dll, maka antar perangkat tersebut akan bekerja secara harmonis serta seragam dari pada sebelum-sebelum nya.

Untuk daya tahan baterai juga terjadi peningkatan. Pengembang juga dapat menyelaraskan aplikasi Mereka, sehingga aplikasi tersebut tidak sampai menghabiskan banyak sumber daya baterai, dan juga tersedia mode penghemat daya yang dapat meningkatkan 90% menit dari ponsel Anda. Juga pada saat proses mengsisi baterai, akan tersedia tampilan yang menunjukkan berapa lama proses pengisian tersebut berjalan hingga dalam kondisi penuh 100% tercapai.

Faktor keamanan juga mendapatkan peningkatan, opsi enkripsi langsung dalam kondisi aktif, sehingga menjaga keamanan data Anda dari kemungkinan diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau pada saat ponsel Anda hilang.

Ada juga beberapa fitur menarik untuk digunakan oleh beberapa orang sekaligus, seperti Kita dapat menggunakan ponsel teman dengan status sebagai tamu.

Notifikasi juga mendapatkan pembaharuan yang cukup signifikan. Aplikasi-aplikasi tersebut sekarang diurutkan berdasarkan prioritas.


Pada ponsel keluaran yang lebih baru, Kamu akan menikmati tombol yang semakin sederhana. Jika perangkat keras mendukung, Anda bisa mengucapkan "Okay, Google" untuk menyalakan ponsel agar dapat membantu Anda dalam mencari suatu informasi maupun menyetel pengingat sesuatu dengan tanpa proses menyentuh ponsel sama sekali. Beberapa jenis ponsel dapat menyala hanya dengan Kita mengetuk dua kali ke layar ponsel.

Dan terakhir yang paling penting adalah proses pengaman jika ponsel Android Anda ada hilangnya, yakni untuk mengakses opsi factory data reset yang sebelumnya langsung saja dapat Kita akses langsung, khusus untuk Android 5.0 Lollipop ini Kita akan diharuskan untuk memasukkan user id serta password dari akun Google Kita, sehingga Si Pencuri akan selamanya tidak akan bisa melakukan factory data reset.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.

1 komentar: