Minggu, 29 Desember 2013

Cara Terbaik Khusus Untuk Melacak, Menghapus, Mengunci Android Anda yang Hilang

Gambar ikon google android device manager.
Apakah Anda termasuk orang yang memiliki smartphone android yang khawatir kehilangan, lalu data-data pribadi Anda dapat dicuri dan digunakan oleh orang lain.

Berikut ada beberapa yang berupa aplikasi, juga ada yang tanpa perlu aplikasi khusus, berikut penjelasan selengkapnya:
1. Google Android Device Manager
Fitur Android Device Manager sebenarnya memang telah diperkenalkan oleh Google sejak Agustus 2013 yang lalu, namun pada waktu itu baru versi web-nya saja. Nah, kini, Google merilis aplikasi Android Device Manager ke Play Store, untuk digunakan di ponsel Android.

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melacak smartphone Android yang hilang. Selain melacak lokasi, pengguna bisa mengunci layar, mengganti password PIN, atau bahkan menghapus data. Semua bisa dilakukan dari jarak jauh, hanya berbekal koneksi internet.

Pengguna sebenarnya juga bisa menggunakan Android Device Manager dengan browser di Android, namun aplikasi yang dirancang khusus ini lebih nyaman digunakan. Antarmukanya bisa menyesuaikan ukuran layar yang dimiliki perangkat.

Namun, aplikasi tersebut nampaknya kurang sesuai jika digunakan di versi mobile. Menggunakan aplikasi di web akan jauh lebih masuk akal, karena jika kita kehilangan smartphone, maka aplikasi di dalamnya tak bisa digunakan untuk melacak. Kecuali jika pengguna memiliki lebih dari satu smartphone Android atau tablet.

Aplikasi Android Device Manager sudah bisa diunduh di Google Play Store (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.adm) atau file apk nya bisa didownload disini.

Setelah Anda download ke dalam smartphone, maka jika ada kehilangan, langsung saja Anda secepatnya mengunjungi website dengan alamat: https://www.google.com/android/devicemanager.
Setelah itu segera signin dengan menggunakan username dan passsword google account Anda. Setelah masuk, segeralah menentukan pilihan, apakah mencari, atau menghapus, atau membunyikan alarm pada smartphone android Anda yang telah hilang tersebut.

Artikel terkait:

2. Air Droid
Aplikasi ini sebenarnya mirip dengan poin pertama diatas, tapi ini merupakan buatan pihak ketiga, dengan beberapa penambahan fitur seperti file manager, dll.

Aplikasi Air Droid sudah bisa diunduh di Google Play Store (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sand.airdroid) atau file apk nya bisa didownload disini.

Setelah Anda download ke dalam smartphone, maka jika ada kehilangan, langsung saja Anda secepatnya mengunjungi website dengan alamat: http://web.airdroid.com.

Setelah itu segera sign in dengan menggunakan username dan passsword google account Anda. Setelah masuk, segeralah menentukan pilihan, apakah mencari, atau menghapus, atau membunyikan alarm pada smartphone android Anda yang telah hilang tersebut.

3. My Xperia (khusus untuk smartphone Sony Xperia)
Anda dapat langsung mendaftarkan smartphone Anda berdasarkan alamat google mail yang telah Anda miliki, langsung saja buka: https://myxperia.sonymobile.com. Lalu ikuti petunjuknya selangkah demi selangkah.

Fitur yang ada didalamnya cukup mirip dengan google device manager diatas.

Saya sangat senang jikalau Anda berkenan memberikan komentar tentang artikel ini.
Klik disini untuk download artikel diatas.

2 komentar:

  1. yang paling bagus itu pake "comodo anti-theft".. bisa liat photo orang yg ngambil, tahu posisinya.. kl dia ganti kartu nanti dia akan kirim sms nomor baru orang yg ngambil ponsel kita

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas komentar dari Saudari Destry, memang diluar sana cukup banyak aplikasi yang memiliki kemampuan seperti yang Anda jelaskan tadi.

    BalasHapus